HARI KESIAPSIAGAAN Palang Merah Indonesia Pasaman Barat akan Gelar Simulasi Bencana Gempa di Sekolah

- 24 April 2024, 16:23 WIB
Satgas Relawan Markas PMI Pasaman Barat, memeragakan tahapan pertolongan pertama (PP) yang menjadi salah satu respon darurat Pasbar Siaga Call Centre 112
Satgas Relawan Markas PMI Pasaman Barat, memeragakan tahapan pertolongan pertama (PP) yang menjadi salah satu respon darurat Pasbar Siaga Call Centre 112 /Marawatalk/Rully Firmansyah/

 

MARAWATALK - Bentuk partisipasi memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024, Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, berencana menggelar kegiatan simulasi bencana gempa di salah satu sekolah lanjutan tingkat atas di daerah itu, 26 April 2024.

Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Rida Warsa STP, saat dikonfirmasi pada Rabu 24 April 2024, mengatakan kegiatan tersebut rencananya akan dipusatkan di SMKN 1 Pasaman, Kecamatan Pasaman, dengan melibatkan unit relawan Markas PMI setempat dan unsur relawan masa depan dari Palang Merah Remaja (PMR).

"Kegiatan ini juga akan melibatkan pihak sekolah dan pada pelaksanaannya simulasi akan diperagakan secara langsung oleh seluruh peserta didik yang menggambarkan langkah selamat diri dan selamat lingkungan saat bencana gempa terjadi," sebut Rida.

Ia mengatakan, selain bentuk partisipasi dalam peringatan HKBN 2024, kegiatan simulasi itu dianggap penting untuk menyosialisasikan tentang bagaimana sikap setiap individu peserta didik ketika bencana terjadi saat di sekolah.

Sebagaimana diketahui, ulasnya, pengalaman bencana gempa 6,2 SR yang menimpa daerah itu pada 25 Februari 2022 telah cukup memberikan pelajaran tentang pentingnya sebuah mitigas kebencanaan yang harus dituangkan dalam bentuk dokumen rencana kontingensi kebencanaan khususnya di sekolah.

"Sejauh ini kesadaran tersebut sudah mulai membaik dengan adanya dorongan dari pemerintah daerah, namun sikap kesiapsiagaan pun harus terus dipupuk sejak dini agar ketika bencana terjadi masyarakat sudah siap dan mampu mengurangi dampak kerugian dan jatuhnya korban," jelasnya.

Baca Juga: INFO MITIGASI Heboh Sesar Sumatera Aktif, Ini Hal Wajib Diketahui saat Terjadi Gempabumi

Tetap Siaga! Ini Hal Wajib Diketahui Sebelum, Sedang dan Sesudah Gempabumi Terjadi

Ilustrasi tas siaga bencana.
Ilustrasi tas siaga bencana.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah