KLB Ditetapkan di Tiga Kecamatan, Pemkab Pessel Gratiskan Biaya Berobat Penderita Diare

- 6 Mei 2024, 16:01 WIB
Pemkab Pessel gratiskan biaya berobat bagi penderita diare di daerah setempat
Pemkab Pessel gratiskan biaya berobat bagi penderita diare di daerah setempat /Marawatalk/Ist

 

MARAWATALK - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggratiskan biaya berobat bagi penderita diare menyusul ditetapkannya Kondisi Luar Biasa (KLB) di tiga kecamatan di daerah setempat.

"Biaya berobat bagi penderita diare khususnya di tiga kecamatan yakni Sutera, IV Jurai dan Batang Kapas ditanggung pemerintah kabupaten," kata Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Painan, 06 Mei 2024.

Rusma menyebut penggratisan biaya berobat merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dan yang tidak kalah penting adalah sebagai upaya pendorong agar masyarakat membuka diri berobat ke fasilitas kesehatan.

"Dengan pengananan yang cepat dan tepat Insya Allah bisa segera sembuh," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Intan Novia Fatma Nanda mengungkapkan, per hari ini terdapat 202 kasus diare di Pesisir Selatan dan sebanyak lima orang diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: PASISIA RANCAK Pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Data, Bupati Pessel Minta Verifikasi Ulang Data Kemiskinan

"Untuk merawat para korban yang terjangkit maka fasilitas kesehatan di tiga kecamatan akan dimaksimalkan," ungkapnya.

Pasien lebih terpantau di fasilitas kesehatan

Meminimalisir kasus, pihaknya juga menekankan agar tidak ada intervensi terhadap pasien yang dirawat mandiri dengan mengharuskan yang bersangkutan menjalani perawatan di fasilitas kesehatan.

"Di fasilitas kesehatan jelas kondisi pasien akan lebih terpantau oleh petugas medis, sehingga risiko bisa diminimalisir," kata Intan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah