Harimau Sumatera Belajar Berburu di Pasaman, Mangsa Tujuh Anjing Peliharaan

- 8 Juni 2023, 10:37 WIB
Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)
Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) /Marawatalk/ist/

 

MARAWATALK--Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar mengkonfirmasi adanya konflik dua ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) pada dua titik kecamatan berbeda di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) , Ardi Andono, saat dihubungi di Padang, Rabu (08/06), mengungkapkan titik-titik konflik itu masing-masing berada di Jorong Koto Panjang Nagari Lansek Kadok Kecamatan Rao Selatan, yang dilaporkan warga setempat pada 30 Mei 2023.

Baca Juga: Narasumber Tingkat Nasional, Wabup Sabar AS Sampaikan Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi

"Yang terbaru adalah di Jorong Salibawan Nagari Sundata Utara Kecamatan Lubuk Sikaping, yang dilaporkan pada 05 Juni 2023," ungkapnya.

Ia mengatakan, adapun kronologis kejadian untuk konflik Harimau Sumatera di Kecamatan Rao Selatan adalah pada hari Senin (29/05) salah seorang bernama Hendra melaporkan adanya konflik satwa liar ke Call Center BKSDA Sumbar.

Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti oleh TIM WRU Seksi KW I dibantu oleh tim Patroli Anak Nagari (Pagari) Sontang menuju lokasi pada tanggal 30 Mei 2023.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sambut Baik Legislator Sumbar Asuransikan Pekerja Rentan

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak pemerintah terdepan, pada titik konflik ini diketahui ada 2 (dua) lokasi laporan temuan jejak Harimau Sumatera oleh warga jorong Koto Panjang, ukuran 8 sentimeter sebanyak 5 (lima) titik di kebun karet dekat bangunan PPS (Pusat Pengolahan Sampah) Nagari Lansek Kadok di Hutan Lindung." ungkapnya.

Penemuan jejak kaki Harimau Sumatera di Jorong Salibawan, Nagari Sundata Utara Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, oleh Tim WR I BKSDA Sumbar.
Penemuan jejak kaki Harimau Sumatera di Jorong Salibawan, Nagari Sundata Utara Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, oleh Tim WR I BKSDA Sumbar.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x