Narasumber Tingkat Nasional, Wabup Sabar AS Sampaikan Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi

- 7 Juni 2023, 23:15 WIB
Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat, Sabar AS, menjadi narasumber pada lokakarya Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) Tingkat Nasional XXIV tahun 2023, Rabu (07/06) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.
Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat, Sabar AS, menjadi narasumber pada lokakarya Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) Tingkat Nasional XXIV tahun 2023, Rabu (07/06) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung. /Marawatalk/ist/

 

MARAWATALK--Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat, Sabar AS, menjadi narasumber pada lokakarya Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) Tingkat Nasional XXIV tahun 2023, Rabu (07/06) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Pada kegiatan itu, ia menyampaikan materi tentang Peranan Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi Tepat Guna di Kabupaten Pasaman.

Baca Juga: Wabup Pessel Panen Tanaman Jagung Program Manari Yang Digagasnya

Dalam penyampaiannya, Sabar AS mengatakan bahwa pengelolaan sumber daya alam nagari melalui penerapan teknologi tepat guna adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan nilai tambah produk.

"Beberapa penerapan teknologi tepat guna yang sudah ada di Pasaman diantaranya; Oven pengering serbaguna berbahan bakar oli bekas, Alat pengikis kulit ari tebu, Batu bata dari sampah plastik,"ungkapnya.

Baca Juga: Terkait Stunting, Wabup Risnawanto Minta Tak Saling Lempar Tanggungjawab

Ia menjelaskan, keberadaan teknologi tepat guna (TTG) oven pengering serba guna ini sangat memberikan manfaat kepada masyarakat Pasaman.

Pada awalnya kata Sabar AS, petani di Pasaman mengeringkan hasil pertanian dan perkebunannya menggunakan terik matahari. Dan itu memakai waktu lama dan tergantung kepada cuaca alam.

Mengingat begitu besarnya nilai guna dari teknologi yang sudah dirancang oleh Yuhandi dari nagari Panti Timur, maka pemerintah daerah memberdayakan teknologi tersebut.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x