DIGITALISASI Jadi Perhatian Serius, Sekda Agam: Tantangan Kita Semua

- 24 April 2024, 15:06 WIB
Perkembangan teknologi dan digitalisasi menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Agam
Perkembangan teknologi dan digitalisasi menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Agam /Matawatalk/Ist

MARAWATALK- Perkembangan teknologi dan digitalisasi menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Agam, terutama dalam konteks dampak terhadap perkembangan generasi muda.

Kekhawatiran muncul karena kurangnya kontrol atau sensor pribadi dalam penggunaan teknologi, khususnya dalam hal konten yang diakses melalui perangkat seperti handphone.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti, menyatakan bahwa di era digital saat ini, hampir semua hal dapat diakses melalui perangkat pintar. Hal tersebut termasuk konten yang mungkin tidak sesuai atau memiliki potensi mempengaruhi cara berpikir generasi muda.

Kekhawatiran utama adalah paparan terhadap tontonan atau informasi yang dapat membentuk pola pikir negatif atau tidak sehat bagi perkembangan anak-anak dan remaja.

"Sehingga ini menjadi tantangan bagi kita semua, bagaimana generasi bisa menonton yang layak mereka tonton dan terhindar dari dampak negatif," kata Edi Busti disela sosialisasi gerakan nasional budaya sensor mandiri, di Hotel Sakura Lubuk Basung, Rabu 24 April 2024.

Dengan demikian, menurut Edi Busti, di Kabupaten Agam, prioritas utama yang diupayakan bukan lagi pembangunan fisik sebagai warisan atau pencapaian pemerintah daerah, tetapi pendidikan yang berfokus pada peningkatan moral dan akhlak generasi muda.

Baca Juga: Tingkatkan Aktifitas Ekonomi, Distan Agam Salurkan Bantuan Ternak dan Prasarana Bagi 33 Kelompok

"Pembangunan fisik bisa dilakukan dengan waktu singkat, tapi membentuk moral dan akhlak generasi tidak mudah dan membutuhkan waktu sangat lama," ujarnya.

Moral dan Akhlak Jadi Sensor Mandiri

Oleh karena itu, Edi Busti menekankan bahwa moralitas dan akhlak yang baik menjadi bentuk sensor mandiri dan efektif bagi generasi muda saat mereka terpapar teknologi informasi.

Nilai-nilai etika ini berfungsi sebagai penuntun yang dapat membantu mereka membuat keputusan yang tepat dan menghindari konten yang merugikan atau tidak pantas.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah