Dukung Rakyat Gaza, Baznas RI Komitmen Tolak Donasi Terafiliasi Penjajah Israel

- 28 Mei 2024, 23:21 WIB
Aksi Long March massa aksi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang memprotes tindakan penjajah Israel di Gaza Palestina
Aksi Long March massa aksi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang memprotes tindakan penjajah Israel di Gaza Palestina /Marwatalk/Rully Firmansyah/

 

MARAWATALK - Aspirasi dan keikutsertaan banyak kalangan, termasuk muslimin pembayar zakat (muzaki), dalam gerakan global boikot Israel menjadi perhatian khusus bagi Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas).

"Aspirasi pembayar zakat selalu jadi perhatian kami, termasuk dalam soal boikot Israel," kata Ketua Baznas, Noor Achmad, Selasa 28 Mei 2024.

"Kami perlu menegaskan kembali komitmen ini untuk menguatkan keyakinan masyarakat yang telah menaruh kepercayaan besar pada Baznas RI dalam penyaluran donasi Palestina,” tambah Noor.

Menurut Noor, posisi Baznas jelas dalam soal boikot Israel. Baznas, katanya, berpedoman pada sikap resmi pemerintah yang mengutuk genosida Israel atas Gaza serta Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mewajibkan umat Islam membantu perjuangan Bangsa Palestina.

"MUI bahkan telah mengeluarkan instruksi (irsyadat) agar umat Islam tidak menggunakan produk yang diproduksi oleh perusahaan yang terafiliasi dengan Israel," katanya.

Karena itu, Baznas memperketat syarat penerimaan donasi untuk Palestina agar langkah lembaga di kemudian hari tak sampai melukai perasaan umat Islam dan warga dunia yang bersimpati pada nestapa Bangsa Palestina.

"Baznas kini lebih berhati-hati," kata Noor.

Baca Juga: GAZA HARI INI Atasi Konflik Palestina, Menlu RI Desak Negara Eropa Dorong Solusi bagi Dua Negara

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah