GAZA HARI INI Atasi Konflik Palestina, Menlu RI Desak Negara Eropa Dorong Solusi bagi Dua Negara

- 28 Mei 2024, 18:13 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan tingkat menteri OKI dan negara-negara Eropa di Brussels, Belgia, pada Minggu (26/5/2024).
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan tingkat menteri OKI dan negara-negara Eropa di Brussels, Belgia, pada Minggu (26/5/2024). /antaranews.com/

 

 

MARAWATALK - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendesak negara-negara Eropa, untuk mendorong implementasi two-state solution atau solusi dua negara guna mengatasi konflik Palestina-Israel.

Desakan itu disampaikan Menlu Retno dalam pertemuan antara beberapa negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OIC), dengan beberapa negara anggota Uni Eropa (UE) serta sejumlah negara Eropa lainnya di Brussel, Belgia, baru-baru ini.

“Pertemuan itu sangat penting artinya di tengah semakin memburuknya situasi di Palestina dan semakin tidak diindahkannya keputusan-keputusan Mahkamah Internasional oleh Israel. Pertemuan tersebut saya gunakan untuk melakukan appeals terhadap negara-negara Eropa agar two-state solution dapat diimplementasikan," kata Menlu Retno, dikutip dari laman Info Publik, Selasa 28 Mei 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan tiga appeals (seruan) dengan rincian sebagai berikut:

  • Pertama, gencatan senjata segera dan secara permanen harus terus didorong. Semua pihak harus berusaha agar Israel mematuhi keputusan Mahkamah Internasional dan menghentikan aksi militer di Rafah agar pengiriman bantuan kemanusiaan dapat dilakukan.
    “Dalam kaitan ini, saya menekankan peran Dewan Keamanan PBB menjadi sangat penting. Hal ini sengaja saya sampaikan mengingat beberapa negara yang hadir dalam pertemuan adalah anggota Dewan Keamanan PBB, seperti Inggris, Algeria, UAE dan Slovenia," kata Retno.
  • Kedua, terus memberikan dukungan kepada UNRWA atau Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat, karena peran UNRWA sangat penting untuk mencegah situasi kemanusiaan semakin memburuk.
  • Ketiga, pentingnya pengakuan terhadap Palestina dan dukungan untuk keanggotaan Palestina di PBB. Semua negara perlu menggunakan pengaruh masing-masing agar veto mengenai keanggotaan Palestina di PBB tidak terjadi lagi di DK PBB.

Baca Juga: GAZA HARI INI Sniper Hamas Terus Buru IDF, Tiga Tentara Zionis Tewas

Retno Marsudi: Keanggotaan Palestina di PBB akan membantu Palestina Bangun Negaranya

Pengakuan Kemerdekaan Palestina
Pengakuan Kemerdekaan Palestina

Baca Juga: GAZA HARI INI Persatuan Parlemen Dunia Seru Penjajah Israel Hentikan Blokade Akses Air untuk Warga Palestina

Selain tiga hal tersebut, Retno juga menekankan pentingnya kesatuan Palestina dan mendukung reformasi yang dilakukan pemerintah Palestina karena hal ini akan berkontribusi mewujudkan two-state solution.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah