BAZNAS AGAM Salurkan Bantuan pada Ratusan Mustahik, Didapati dari Berbagai Program

- 20 Mei 2024, 16:13 WIB
Baznas Agam salurkan bantuan pada ratusan Mustahik
Baznas Agam salurkan bantuan pada ratusan Mustahik /Marawatalk/Ist

MARAWATALK-Sebanyak 260 penerima zakat atau mustahik di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan dalam bentuk biaya pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi dari pemerintah setempat, Senin 20 Mei 2024.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Isman Imran menjelaskan bahwa pendistribusian zakat ini dilakukan dalam dua tahap. Adapun dua tahapan tersebut dilaksanakan di wilayah Kabupaten Agam bagian barat dan timur.

"Senin ini, bantuan disalurkan kepada 260 mustahik di enam kecamatan. Sedangkan pada Rabu mendatang, rencananya akan ada penyaluran zakat kepada 254 mustahik di Agam bagian Timur," kata Isman.

Ketua Baznas mengatakan, pendistribusian zakat untuk saat kini terbagi ke dalam beberapa program. Mustahik paling banyak mendapat bantuan dari program Agam Cerdas, dengan total 144 mustahik.

"Selain itu, Agam Peduli yang mendapat 6 mustahik, program Agam Sehat yang mendapat 22 mustahik, program Agam Makmur yang mendapat 86 mustahik, dan program Agam Taqwa yang mendapat 2 mustahik," terangnya.

Diutarakan, para mustahik ini telah melalui serangkaian seleksi yang meliputi verifikasi informasi, survei, sidang pleno, dan putusan. Hal ini menunjukkan bahwa para penerima zakat telah dipilih sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan agama.

Baca Juga: PASISIA RANCAK Bupati Pesisir Selatan Serahkan Bantuan Baznas Untuk Korban Kebakaran di Nagari Salido

Isman Imran juga menambahkan bahwa setelah penyaluran zakat, pihaknya akan terus memantau dan mengevaluasi para penerima agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran.

Bagian upaya entaskan kemiskinan

Sementara, Asisten I Bupati Agam, Rahman mengungkapkan bahwa pendistribusian zakat merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan.

"Program-program seperti Agam Cerdas, Agam Sehat, Agam Peduli, dan Agam Makmur memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sektor, termasuk pendidikan dan kesehatan," terang Rahman.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah