GARUDA MUDA Cetak Sejarah Baru, Indonesia Berhasil Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

- 26 April 2024, 12:08 WIB
Garuda Muda Indonesia mencetak sejarah baru dengan lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024
Garuda Muda Indonesia mencetak sejarah baru dengan lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 /PSSI/Ist

MARAWATALK- Garuda Muda Indonesia berhasil mencetak sejarah baru dengan melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan tim dari Korea Selatan. Kemenangan dramatis diraih setelah melalui babak adu penalti dengan skor akhir 11-10, setelah pertandingan berakhir imbang 2-2.

Pertandingan perempat final yang menegangkan ini berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada hari Jumat 26 April 2024. Dalam laga ini, Tim Garuda Muda menunjukkan performa luar biasa dalam mengatasi tekanan dari tim lawan.

Korea Selatan sebenarnya lebih dulu mencetak gol pada menit ketujuh melalui tendangan jarak jauh Lee Kang-hee yang memanfaatkan kesalahan Komang Teguh dalam menyapu bola. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit Shaun Evans, yang berasal dari Australia, melakukan pemeriksaan melalui Video Assistant Referee (VAR).

Indonesia berhasil memimpin pada menit ke-15 berkat gol Rafael Struick. Pemain dari ADO Den Haag tersebut berhasil menembak bola ke pojok kiri atas gawang Korea Selatan yang tidak dapat dijangkau oleh kiper Baek Jong-bum.

Setelah gol tersebut, Korea Selatan langsung meningkatkan tekanan dengan serangan bertubi-tubi. Namun, pertahanan Garuda Muda yang dijaga oleh Rizky Ridho, Komang Teguh, dan Justin Hubner menunjukkan ketangguhan dan disiplin, sehingga serangan-serangan dari Taeguk Warriors berhasil dihentikan.

Indonesia sebenarnya memiliki kesempatan untuk menambah keunggulan pada menit ke-31, tetapi tendangan Marselino Ferdinan masih melebar setelah melakukan kombinasi satu-dua dengan Rafael Struick.

Pada akhir babak pertama, Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hal ini terjadi setelah sundulan Eom Ji-sung mengenai kaki Komang Teguh, yang kemudian mengubah arah bola sehingga mengecoh kiper Indonesia, Ernando Ari.

Baca Juga: TIMNAS INDONESIA Daftarkan 23 Pemain U-23 di Ajang AFC, Tjoe-A-On Ikut Gabung?

Namun, Indonesia tidak butuh waktu lama untuk kembali unggul. Hanya berselang tiga menit setelah gol Korea Selatan, Rafael Struick kembali mencetak gol, membuat Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Pertahankan Gaya Menyerang di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia tetap mempertahankan gaya bermain menyerang meskipun sudah unggul. Pada menit ke-54, Rafael Struick hampir mencetak hattrick, tetapi tendangannya masih melebar. Peluang lainnya datang pada menit ke-56, tetapi tendangannya di dalam kotak penalti kembali melambung.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x