GAZA HARI INI Terhasut Penjajah Israel, Swedia Tangguhkan dana 31 Juta Krona untuk Pengungsi Palestina

- 1 Februari 2024, 15:55 WIB
Pasien yang terluka 'menunggu kematian' di Gaza utara ketika rumah sakit terakhir ditutup, di tengah meningkatnya tingkat kelaparan yang 'bencana' - kata WHO (Photo by Mahmud HAMS / AFP)
Pasien yang terluka 'menunggu kematian' di Gaza utara ketika rumah sakit terakhir ditutup, di tengah meningkatnya tingkat kelaparan yang 'bencana' - kata WHO (Photo by Mahmud HAMS / AFP) /MARAWATALK/ Irfan/AFP

 

MARAWATALK- Negara Swedia termakan tuduhan penjajah Israel bahwa sejumlah staf UNRWA terlibat serangan kelompok Hamas Pelastina pada 7 Oktober tahun lalu.

Sehingga, Swedia memutuskan untuk menangguhkan dukungan keuangan untuk pengungsi Palestina dan meminta dewan PBB mengusut hal tersebut.

"Hingga penyelidikan yang dilakukan PBB selesai, kami tidak akan memberikan kontribusi finansial apa pun," ungkap sekretaris pers Badan Kerja Sama Pembangunan Internasional Swedia (SIDA) Johan Tjerneng, dilansir dari Antara, Kamis 1 Februari 2024.

Johan mengatakan, saat ini pihaknya akan menyalurkan dana senilai 31 juta krona atau setara Rp47,1 miliar melalui palang merah dan program pangan dunia, ditengah menunggu penyelidikan yang dilakulan PBB selesai.

"Ini adalah keputusan yang tepat mengingat informasi sangat serius yang terungkap dalam beberapa hari terakhir," terang Menteri Kerja Sama Pembangunan Internasional Johan Forssell.

Sementara, juru bicara kebijakan luar negeri oposisi Partai Kiri Hakan Svenneling memperingatkan hal terpenting untuk tidak menghukum sejumlah organisasi atau rakyat Palestina yang dibantu Swedia. Hal tersebut mengingat dugaan kesalahan yang dituduhkan hanya dilakukan oleh oknum.

Baca Juga: GAZA HARI INI Dukungan ke Pengungsi Dihentikan Buntut Tuduhan Penjajah Israel, Sekjen PBB: Kami Tuntut!

PBB Minta Tanggungjawab Anggota Atas Tuduhan Penjajah Israel

Sebuah truk, bertanda logo Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), menyeberang ke Mesir dari Gaza, di perbatasan Rafah yang melintasi antara Mesir dan Jalur Gaza, selama gencatan senjata sementara antara Hamas dan Israel, di Rafah, Mesir, 27 November , 2023
Sebuah truk, bertanda logo Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), menyeberang ke Mesir dari Gaza, di perbatasan Rafah yang melintasi antara Mesir dan Jalur Gaza, selama gencatan senjata sementara antara Hamas dan Israel, di Rafah, Mesir, 27 November , 2023 REUTERS

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x