KUOTA Pupuk Subsidi Sering 'Bocor', Mentan Amran Sulaiman Ajak Wartawan Awasi Pengecer dan Distributor Nakal

- 7 Mei 2024, 15:25 WIB
Mentan Andi Amran Sulaiman bersama Pangdam III/Siliwangi, Wakapolda Jabar Aster Panglima TNI di Kodam III/Siliwangi di Jalan Aceh, Kota Bandung pada Selasa 7 Mei 2024.
Mentan Andi Amran Sulaiman bersama Pangdam III/Siliwangi, Wakapolda Jabar Aster Panglima TNI di Kodam III/Siliwangi di Jalan Aceh, Kota Bandung pada Selasa 7 Mei 2024. /Pikiran Rakyat/Mochamad Iqbal Maulud/

 

MARAWATALK - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak berbagai pihak untuk mengawasi jalannya pendistribusian pupuk subsidi yang saat ini sudah bertambah 100 persen agar penyalurannya tidak terhambat oleh praktik nakal distributor, pengecer maupun pihak tertentu yang dapat merugikan petani dalam berproduksi.

"Kalau nanti ada yang mempersulit lapor ke wartawan biar cepat sampai ke saya. Sampaikan ke wartawan jika ada yang nakal dari distributor maupun pengecer. Semua harus berkontribusi pada merah putih di sektor pangan, termasuk para wartawan," ujar Mentan dalam apel siaga alsintan di Markas Komando Daerah Militer III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Selasa 7 Mei 2024.

Amran Sulaiman menegaskan, setiap hari ia melakukan monitoring baik melalui kegiatan di lapangan maupun membaca informasi lewat media. Dia tidak ingin kecolongan dengan praktek kotor para distributor yang menyalahgunakan penjualan dan berujung pada kerugian.

"Setiap hari aku monitor lewat media, kalau ada keluhan langsung aku kirim ke direktur, kirim ke kadis, kemudian ke Bupati atau Gubernur. Jadi, pupuk ini harusnya sudah selesai karena tambahannya 2 kali lipat," katanya.

Baca Juga: IN FOKUS Tidak Kapok Dikemplang Spekulan, Kementan Tambah Alokasi Dana Subsidi Pupuk, Polri: Ada Penyelewengan

Amran Sulaiman: Dana Alokasi Kuota Pupuk Subsidi Capai 28 Triliun Rupiah

Pemerintah menambah alokasi dan jenis pupuk bersubsidi, dimana PT Pupuk Kujang terus menggenjot produksi.
Pemerintah menambah alokasi dan jenis pupuk bersubsidi, dimana PT Pupuk Kujang terus menggenjot produksi. Dok Pupuk Kujang

Baca Juga: PATROLI Aroma Penyelewengan Pupuk Bersubsidi 'Semakin Menyengat', Satgas Pangan Polri Akui Ada Penyimpangan

Andi Amran Sulaiman menambahkan, alokasi pupuk saat ini mencapai Rp28 triliun atau naik 100 persen. Dengan begitu, total pupuk yang tersedia menjadi 9,55 juta ton dari yang tadinya hanya 4,5 juta ton. Menurut mentan, semua tambahan ini adalah perjuangan dan doa para petani sekaligus kebaikan Presiden Jokowi terhadap sektor pangan dalam negeri.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah