GAZA HARI INI Dukungan ke Pengungsi Dihentikan Buntut Tuduhan Penjajah Israel, Sekjen PBB: Kami Tuntut!

- 28 Januari 2024, 17:59 WIB
Potret olahan roti dari bahan pakan ternak dan potret kelaparan akut di Gaza, Palestina.
Potret olahan roti dari bahan pakan ternak dan potret kelaparan akut di Gaza, Palestina. /REUTERS/Ibrahim Abu Mustafa/X/@Hanzpal2/

 

MARAWATALK-Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres, berjanji akan meminta pertanggungjawaban pada setiap anggota PBB yang terlibat dalam aksi teror setelah adanya tuduhan bahwa beberapa staf badan pengungsi terlibat dalam serangan Hamas terhadap penjajah Israel pada 7 Oktober lalu.

Namun Guterres meminta pada sejumlah pemerintah negara lain untuk terus mendukung badan pengungsi PBB untuk Palestina (UNRWA).

"Setiap pegawai PBB yang terlibat dalam aksi teror akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui tuntutan pidana. Sekretariat siap bekerja sama dengan otoritas yang kompeten yang mampu mengadili individu-individu sesuai dengan prosedur normal Sekretariat untuk kerja sama tersebut," dilansir dari Alarabiyanews, Minggu 28 Januari 2024.

Pada saat yang sama, ia mengatakan, puluhan ribu pria dan wanita yang bekerja untuk UNRWA, banyak di antaranya berada dalam situasi paling berbahaya bagi pekerja kemanusiaan, tidak boleh dihukum. Kebutuhan mendesak dari masyarakat yang putus asa yang mereka layani harus dipenuhi.

Dalam komentar langsung pertamanya mengenai masalah ini, Sekjen PBB memberikan rincian tentang staf UNRWA yang terlibat dalam dugaan tindakan menjijikkan tersebut. Dari 12 orang yang terlibat, sembilan orang telah diberhentikan, satu orang dipastikan tewas dan dua orang lainnya sedang diklarifikasi.

Baca Juga: GAZA HARI INI Kecam Pernyataan PM Israel, Jokowi Tegas Dukung Pembentukan Negara Palestina

Ini Negara yang Hentikan Bantuan Pendanaan Bagi Pengungsi Gaza

Ilustrasi - Suasana di luar kantor UNRWA di Jalur Gaza.
Ilustrasi - Suasana di luar kantor UNRWA di Jalur Gaza.

Baca Juga: GAZA HARI INI Genosida di Gaza Terus Berlangsung, Warga Ditembaki dan Dihujani Bom

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah