Inovasi Sampah Naik Kelas? Ini Hanya ada di Kabupaten Dharmasraya Sumbar

- 10 November 2023, 15:12 WIB
Ilustrasi sampah.**
Ilustrasi sampah.** /Freepik

 

MARAWATALK-Banyak daerah di Indonesia memiliki persoalan berbagai skala terkait penanganan masalah persampahan, mulai dari peluncuran berbagai program serta regulasi yang tak jarang berujung pada penerapan sanksi.

Di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, permasalahan penanganan sampah juga sudah dimulai dengan meluncurkan program Sampah Naik Kelas, sebuah inovasi yang digagas pihak Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat menghadiri peluncuran program Inovasi Sampah Naik Kelas, pada Kamis 9 Novemeber 2023, mengatakan pihaknya mencanangkan implementasi penting untuk ditingkatkan pelaksanaannya dilapangan.

Baca Juga: Edarkan Sabu, DPO Kasus Narkoba di Dharmasraya dan Rekannya Ditangkap Polisi

“Harus kita akui bahwa semua daerah mengalami masalah yang sama, pada umumnya masyarakat masih memandang sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna hingga dibuang sembarangan dan dibakar. Selagi kita masih memiliki persepsi seperti itu, maka sampah akan menjadi sesuatu yang kita musuhi. Bahkan sampah akan menggangu hidup kita,” kata Bupati.

Oleh karena itu, Bupati Sutan Riska mengajak semua elemen untuk merubah cara pandang dalam melihat permasalahan persampahan. Dari sampah yang hanya dibuang dan kemudian dibakar menjadi sampah yang dipilih dan diolah.

"Dengan demikian sampah akan member manfaat bagi kita. Baik manfaat kesehatan, keindahan maupun manfaat ekonomi," ujarnya.

Sutan Riska: Penanganan Sampah harus Diawali Merubah Sudut Pandang

Bupati Dharmaraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE
Bupati Dharmaraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah