Tiga Kota di Sumbar Diusulkan jadi Nominator ASEAN Smoke-Free Award 2023

- 1 Agustus 2023, 19:07 WIB
Tim Monev ASA 2023 saat berkunjung ke Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Selasa 01 Agustus 2023
Tim Monev ASA 2023 saat berkunjung ke Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Selasa 01 Agustus 2023 /Marawatalk/IST/

MARAWATALK-Sebanyak tiga kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diusulkan menjadi nominator ASEAN Smoke-Free Award (ASA) 2023 oleh pihak Kementerian Kesehatan RI.

Masing-masing kota tersebut, yakni Kota Sawahlunto, Kota Solok dan Kota Padangpanjang yang dinilai telah mampu menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tertib Rokok sejak 2009.

Hal itu ditandai dengan kedatangan tim Monev ASA terdiri dari perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) saat datang ke Kota Padangpanjang, Selasa 01 Agustus 2023, untuk melakukan pengecekan ke lokasi-lokasi lima tatanan yang ada dalam Perda kota itu.

Baca Juga: Difasilitasi DPK Padangpanjang, Profesor Belanda Telusuri Jejak Leluhur ke Sumatera Barat

Adapun tatanan yang dikunjungi di antaranya fasilitas layanan kesehatan, pendidikan, tempat bermain anak, tempat ibadah dan angkutan umum.

Kedatangan rombongan itu diterima Wakil Walikota setempat, Drs Asrul, di ruang kerjanya dan didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Syahdanur SH, MSi, Kepala Dinas Kesehatan dr Faizah beserta jajaran.

Dalam pemaparannya, Wakil Walikota Padangpanjang, Drs Asrul, mengatakan Kota Padangpanjang sudah memiliki Perda Kawasan Tertib Rokok (KTR) sejak 2009 dan sudah direvisi pada 2014.

Baca Juga: Polisi Tolak Laporan Relawan Soal Rocky Gerung Diduga Hina Presiden Jokowi
.
"Alhamdulillah, Padangpanjang sudah menerapkan tidak boleh ada iklan rokok sejak 2009 dan berjalan sampai hari ini dan merupakan kota pertama yang menerapkan aturan tersebut di Sumatera Barat," jelas Asrul.

Menurutnya, kegiatan itu berlangsung selama dua hari 1-2 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah