Asam Lambung Sering Kambuh? Ini Cara Alami Mengatasinya

- 9 Mei 2024, 18:21 WIB
Atasi asam lambung tanpa menggunakan obat-obatan
Atasi asam lambung tanpa menggunakan obat-obatan /Pexels/

MARAWATALK- Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh sel-sel di dalam lambung untuk membantu proses pencernaan makanan. Komponen utama asam lambung adalah asam klorida (HCl), yang menciptakan lingkungan asam di lambung.

Lingkungan asam ini memiliki beberapa fungsi penting, seperti mengurai makanan, mengaktifkan enzim pencernaan serta membunuh bakteri mikroorganisme berbahaya.

Namun, produksi asam lambung yang berlebihan atau ketidakseimbangan lainnya dapat menyebabkan masalah seperti mulas (heartburn), penyakit refluks gastroesofagus (GERD), dan tukak lambung.

Penanganan masalah terkait asam lambung bisa melibatkan perubahan pola makan, gaya hidup, dan penggunaan obat-obatan untuk mengurangi produksi asam atau melindungi lapisan lambung.

Baca Juga: Penggemar Kopi Wajib Tahu! Ini Jenis dan Manfaatnya

Meskipun obat-obatan dapat membantu meredakan gejala, ada berbagai cara alami yang dapat penderita dapat mencoba untuk mengatasi asam lambung tanpa hal tersebut.

Ikuti langkah berikut

Dengan mengikuti sejumlah langkah, penderita dapat mengurangi gejala asam lambung tanpa obat-obatan.

  • Mengatur Pola Makan

Mengubah pola makan adalah langkah pertama untuk mengurangi asam lambung. Pertimbangkan untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering, daripada tiga kali makan besar sehari. Hal ini dapat mencegah lambung terlalu penuh dan mengurangi risiko refluks asam. Hindari makan larut malam atau tepat sebelum tidur, karena ini dapat memicu asam lambung naik.

  • Menghindari Makanan Pemicu

Beberapa makanan dapat memicu refluks asam. Hindari makanan pedas, berlemak, berminyak, serta minuman bersoda dan berkafein. Selain itu, makanan asam seperti buah jeruk dan tomat juga bisa memperburuk gejala. Lebih baik mengonsumsi makanan yang lebih ringan, seperti sayuran hijau, buah non-asam, dan daging tanpa lemak.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan tambahan pada lambung dan meningkatkan risiko refluks asam. Usahakan untuk menjaga berat badan ideal melalui pola makan sehat dan olahraga teratur. Berolahraga secara rutin tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga dapat membantu menjaga keseimbangan pencernaan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah