Pertama di Sumbar, Warga di Arah Selatan Pasbar Bangun Jembatan Beton Secara Mandiri

- 3 Februari 2024, 09:43 WIB
Peresmian Jembatan Batang Ampu yang dibangun dari sumbangan masyarakat di Kampung II Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Jumat 2 Februari 2024
Peresmian Jembatan Batang Ampu yang dibangun dari sumbangan masyarakat di Kampung II Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Jumat 2 Februari 2024 /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Biasanya, pembangunan fisik di suatu daerah menggunakan dana pemerintah seperti pembangunan gedung, jalan dan lainnya.

Namun ada hal yang berbeda di daerah selatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, yakni di Kampung II Mahakarya, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Entah apa alasan masyarakat setempat, sehingga mereka sepakat secara mandiri membangun sebuah jembatan beton yang menghabiskan dana mencapai Rp 719 juta. Hal ini patut diacungi jempol untuk kegigihan dan kemandirian warga di daerah tersebut.

Jembatan itu, bernama Jembatan Batang Ampu. Jembatan ini secara resmi telah bisa digunakan pasca diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Risnawanto pada Jumat 2 Februari 2024.

Baca Juga: PILPRES 2024 Dukung Ganjar Mahfud, Ahok Jadi Tokoh PDIP Ke-7 Pilih Mundur dari Lingkaran Jokowi

Dana Sumbangan Bangun Jembatan

Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Risnawanto saat mersemikan Jembatan Batang Ampu yang dibangun dari dana sumbangan masyarakat
Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Risnawanto saat mersemikan Jembatan Batang Ampu yang dibangun dari dana sumbangan masyarakat

Kata Wakil Bupati Risnawanto, belum ada masyarakat yang membangun jembatan melalui swadaya masyarakat seperti itu. Baik di Provinsi Sumbar maupun di Kabupaten Pasaman Barat.

"Belum pernah kita dengar di manapun masyarakat dengan swadaya mencapai Rp 719 juta lebih untuk membangun jembatan, maupun jalan menggunakan kekompakan masyarakat," kata wabup.

Baca Juga: NASIONAL Keppres Pemberhentian Mahfud MD Telah Keluar, Tito Karnavian Jabat Plt Menko Polhukam

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah