BLANKSPOT Terisolir dari Sinyal, Posko Pemuda di Solok Selatan Disulap jadi Titik Hotspot! Tersisa 18 Jorong

- 11 Januari 2024, 14:52 WIB
Posko Pemuda di Solok Selatan jadi titik hotspot untuk antisipasi jorong blankspot di kabupaten itu yang tersisa 18 titik
Posko Pemuda di Solok Selatan jadi titik hotspot untuk antisipasi jorong blankspot di kabupaten itu yang tersisa 18 titik /Diskominfo Solok Selatan /Tommy Fernandes

MARAWATALK- Kondisi daerah yang terisolir dari sinyal telekomunikasi (blankspot) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) pada tahun 2022 mencapai 39 titik jorong yang tersebar di daerah itu.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solsel, awal 2024 jumlah jorong yang mengalami blankspot terus mengerucut hingga tersisa 18 jorong di enam kecamatan.

Disampaikan Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Solsel, Tommy Fernandes kepada Pikiran Rakyat pada Kamis 11 Januari 2024.

Baca Juga: Blokir Steam Hingga Dota Akan Dibuka Kominfo, Berikan Sinyal Akan Daftar PSE

Pihaknya terus berupaya mengatasi titik blankspot di Solsel dengan berbagai upaya. Terutama wilayah yang secara geografis sulit dijangkau oleh sinyal telekomunikasi menggunakan media tower BTS.

Salah satunya menggunakan jaringan fiber optic milik salah satu perusahaan negara seperti Icon+ untuk menjangkau wilayah blankspot di Solsel.

"Icon+ tidak pakai tower BTS hanya memanfaatkan jaringan kabel fiber optik yang dipasang pada tiang listrik milik PLN," ujarnya.

Baca Juga: DBH SAWIT SUMBAR Peningkatan Jalan Abai-Sungai Dareh Kecipratan Rp14 M! Sungkai-Log Batu Sandi Masih Proses

Dia mencontohkan di Nagari Dusun Tangah Kecamatan Sangir Batang Hari, Posko Pemuda dijadikan salah satu tempat hotspot sinyal internet menggunakan kabel fiber optic.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah