SUMBAR HARI INI Usai Terdampak Erupsi, Bandara Internasional Minangkabau Kembali Dibuka

- 6 Januari 2024, 17:51 WIB
Bandara Internasional Minangkabau di Provinsi Sumbar
Bandara Internasional Minangkabau di Provinsi Sumbar /

MARAWATALK - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan kembali buka (Resume Normal Operation) Bandara Internasional Minangkabau melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor NOTAM B0034/24 NOTAMC B0031/24. Bandara ini sempat ditutup lantaran terdampak erupsi Gunung Marapi.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni pada 6 Januari 2024 di Jakarta. Kata dia, ada 16 penerbangan untuk kedatangan ke Bandara Internasional Minangkabau, dan 13 penerbangan untuk keberangkatan.

"Untuk penerbangan yang terdampak kemarin, semua sudah teratasi. Penumpang telah ditawarkan pilihan untuk melakukan refund, reschedule maupun re-route sesuai ketentuan berlaku," kata Dirjen Kristi.

Diketahui, berdasarkan pengamatan tidak ditemukan adanya tanda sebaran abu erupsi vulkanik Gunung Marapi. Pengamatan dilakukan oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang, serta berdasarkan prediksi dari VAAC Darwin, PVMBG, BMKG, dan paper test di lapangan dengan hasil negatif volcanic ash.

Baca Juga: SUMBAR HARI INI Penampilan Kuda Kepang Tri Tunggal di Hari Jadi Pasbar Ke-20 Memukau Ribuan Orang

Untuk itu, Dirjen Kristi telah menghimbau kepada maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket dengan memberikan opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika seat masih tersedia, agar dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara.

Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang juga telah diinstruksikan agar terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait dalam hal perkembangan informasi Gunung Marapi.

"Pemantauan situasi dan koordinasi intensif sangat diperlukan dalam penanganan force majeure ini, agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," sebut Kristi.

Baca Juga: PEMILU 2024 Berikrar ke Salah Satu Paslon, Bawaslu Diminta Tangani Kasus Satpol PP Garut

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah