Dua Asli Sumatera Barat, Ini 10 Minuman Khas Nusantara Kaya Khasiat

- 30 Juli 2023, 12:08 WIB
Sarabba. Traditional herbal-spiced tea latte from Makassar (Ujung Pandang), South Sulawesi. Accompanied with traditional snack from the region.
Sarabba. Traditional herbal-spiced tea latte from Makassar (Ujung Pandang), South Sulawesi. Accompanied with traditional snack from the region. /Ariyani Tedjo/Shutterstock

MARAWATALK-Tak hanya makanan khas yang lezat, Indonesia memiliki beragam minuman khas yang menyegarkan untuk dicicipi. Bahkan beberapa minuman khas ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan minuman khas nusantara diracik dari bahan alami, salah satunya rempah-rempah.

Sejak berabad-abad silam, Indonesia sudah dikenal sebagai penghasil rempah yang melimpah. Wajar kalau beragam minuman khas nusantara memiliki rasa yang nikmat, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Menariknya lagi, beberapa minuman khas nusantara telah dipasarkan hingga pasar global. Jelas hal ini menjadi peluang bagi subsektor kuliner ekonomi kreatif.

Bagi Sobat Parekraf belum pernah mencicipi kesegaran minuman khas nusantara, berikut 10 minuman khas yang patut dicicipi:

Baca Juga: Pengelola Homestay di Pessel Dibekali Pelatihan Tentang Wisata

1. Wedang uwuh

Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki rasa manis, hangat, disertai aroma rempah yang sangat melegakan. Dalam bahasa Jawa “uwuh” berarti sampah, yang diartikan sebagai minuman berisi dedaunan dan rempah mirip seperti sampah. Minuman khas nusantara ini mengandung antioksidan tinggi. Sehingga dapat menyegarkan badan, mengatasi masuk angin, dan melancarkan aliran darah.

Menariknya lagi, wedang uwuh masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbud, serta menjadi salah satu produk ekraf yang masuk pasar mancanegara. Mulai dari Kanada, Jeddah, Vietnam, hingga Nigeria.

2. Kawa Daun

Halaman:

Editor: Al Afif

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah