Lintasan Tol Payakumbuh - Pangkalan Lalui Sesar Aktif

- 31 Oktober 2021, 12:28 WIB
Ilustrasi jalan Tol
Ilustrasi jalan Tol /

RANAHPADANG.COM - Masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Terdampak (Format-red) pembangunan tol di Kabupaten Limapuluh Kota mengungkap fakta baru dalam Lintasan pembangunan Jalan Tol Payakumbuh - Pangkalan. Dibawah trase 1 dan 2 yang sudah di rancang, jalan Tol akan melintasi sesar aktif. Jika pemerintah tetap memaksakan pembangunan, ditakutkan bisa mengundang bencana alam.

 

"Ya, ada sesar aktif di trade 1 dan 2. Fakta ini terungkap setelah konsultan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan penelitian bulan Agustus 2021 silam. Sayangnya tidak dipublish oleh pemerintah," sebut Sekretaris Format, Ezy Fitriana kepada Ranahpadang.com, Minggu (31/10/2021). 

 

Sesar aktif tersebut diketahui saat konsultan dan peneliti dari JICA melakukan potret satelit. Terlihat sesar tersebut membentang panjang dari kecamatan bukit Barisan hingga Harau. Seluruh nagari yang dilintasi jalan tol yakni Koto Baru Simalanggang, Koto Tongah Simalanggang, Taeh Baruah, Lubuak Batingkok dan Gurun di bentangi sesar aktif tersebut.

 

"Sesar aktifnya panjang. Membentang dari Kecamatan Bukit Barisan hingga Harau. Dibawah tanah seluruh nagari yang akan di lintasi pembangunan jalan tol, terdapat sesar aktif tersebut," ucap Ezy. 

 

Kemudian, Ezy menyarankan kepada pemerintah agar memindahkan pembangunan jalan tol ke trase 3 yakni (Situjuah Limo Nagari - Pilubang - Ketinggian-red). Jalur tersebut dianggap lebih aman dan efisien. 

Halaman:

Editor: Hajravif Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x