MTQN ke 41 tingkat Agam Bakal Digelar, Ini Cabang Diperlombakan!

- 9 Mei 2024, 15:51 WIB
MTQN ke 41 tingkat Agam akan digelar dengan sejumlah cabang diperlombakan
MTQN ke 41 tingkat Agam akan digelar dengan sejumlah cabang diperlombakan /Dokumen 2022/Ist

MARAWATALK- Sebanyak 13 cabang bakal diperlombakan pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke 41 tingkat Kabupaten Agam, tahun 2024. Penyelenggaraan kegiatan tersebut dipusatkan di Kecamatan Tilatang Kamang.

Kasubag Bina Mental dan Spiritual Bagian Kesra Setdakab Agam, Yosman mengatakan, sejumlah cabang yang akan diperlombakan tersebut telah melalui penetapan lembaga pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Agam. Hal tersebut melalui 37 golongan lomba.

Terdapat 13 cabang yang dilombakan, di antaranya tilawah, qiraat, hafiz, tartil, tafsir, kaligrafi, serta MFQ. Selain itu, ada juga cabang MSQ, khutbah Jumat dan azan, kitab standar, KTIQ, hafalan hadist, dan qasidah.

"LPTQ kecamatan tengah sedang mempersiapkan khafilah terbaiknya untuk berkompetisi dalam setiap cabang yang akan dilombakan di MTQN Agam mendatang.

Baca Juga: Solsel Naik 12 Peringkat pada MTQ Sumbar 2023

Berdasarkan hasil rapat antara LPTQ Agam dan kecamatan, MTQN ke-41 tingkat kabupaten direncanakan akan berlangsung dari tanggal 30 Mei hingga 4 Juni 2024, namun masih menunggu keputusan dari pimpinan.

Pemondokan akan gunakan rumah warga

Panitia kecamatan telah menyiapkan persiapan lain seperti pemondokan dan lokasi lomba. Pemondokan akan diselenggarakan di sejumlah rumah warga dengan kebutuhan sebanyak 36 unit, sementara lokasi lomba akan mencakup 17 area, termasuk mimbar utama.

"Untuk memastikan kelayakan dari fasilitas yang disediakan, survei akan segera dilakukan oleh panitia," terangnya.

Untuk pemondokan, terdapat kriteria khusus yang harus dipenuhi, seperti adanya kamar mandi lengkap dengan WC, ketersediaan air bersih, dan memadai untuk jumlah kafilah yang akan menginap.

Baca Juga: Catatkan Sejarah, Solok Selatan Sukses Tuan Rumah MTQ Sumbar 2023

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah