Wujudkan Transportasi Ramah Lingkungan, Pemko Padang dan Blue Bird Jalin Kerjasama

- 8 Mei 2024, 21:12 WIB
Pemko Padang bakal mewujudkan transportasi ramah lingkungan
Pemko Padang bakal mewujudkan transportasi ramah lingkungan /Antara/
 

MARAWATALK- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, telah menjalin kemitraan dengan PT Big Bird atau Blue Bird Pusaka untuk mewujudkan transportasi publik modern yang ramah lingkungan. Hal tersebut direalisasikan melalui penggunaan bus listrik sebagai bagian dari armada Trans Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menegaskan bahwa penggunaan bus listrik dalam layanan Trans Padang bertujuan untuk mengangkat derajat wilayah setempat sehingga sejajar dengan sejumlah kota maju lainnya di dunia dalam hal transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Keberadaan bus listrik pada hakikatnya bukan semata-mata pengganti moda transportasi, tetapi merupakan wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, karena dengan bus listrik, kita dapat mengurangi polusi udara," kata Hendri Septa dikutip dari Antara, Rabu 8 Mei 2024.

Hendri Septa menyampaikan harapannya setelah menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Alvino Marta, dan PT Big Bird Pusaka (Blue Bird) yang diwakili oleh Commercial Service Director, Coody Johasman Madjid, mengenai penjajakan kerjasama bidang transportasi.

Pihaknya berharap bahwa dengan penggunaan bus listrik sebagai armada baru Trans Padang, Kota Padang dapat menjadi pilot projek bagi kota-kota lain di pulau Sumatera yang belum mengadopsi kendaraan umum ramah lingkungan.

Langkah ini menunjukkan komitmen Kota Padang untuk menjadi teladan dalam pengembangan transportasi yang berkelanjutan di tingkat lokal dan regional.

Baca Juga: KABAR KAMPUS Salah Satunya Unand Padang? Ini Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024

"Kami berharap kepada PT Big Bird Pusaka untuk dapat merealisasikan kerja sama ini, lebih jauh tidak hanya sebatas pada MoU saja. Kami dari Pemerintah Kota Padang sangat berharap armada bus listrik sebagai armada Trans Padang dapat terwujud nantinya," katanya.

Siap wujudkan visi Pemko Padang

Sementara, Direktur Utama Perumda PSM, Alvino Marta menyatakan kesiapannya sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mewujudkan visi Pemerintah Kota Padang dalam mengadopsi bus listrik sebagai armada baru untuk Bus Trans Padang.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah