BANJIR LAHAR DINGIN Terjang Agam Timur Sumbar, Akses Jalan Bukittinggi Padang Putus Total

- 5 April 2024, 19:26 WIB
Banjir lumpur diduga lahar dingin aliran Gunung Marapi yang menerjang kawasan permukiman warga Bukik Batabuah Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat 5 April 2024
Banjir lumpur diduga lahar dingin aliran Gunung Marapi yang menerjang kawasan permukiman warga Bukik Batabuah Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat 5 April 2024 /

 

MARAWATALK - Banjir lahar dingin dari Gunung Marapi, di Sumatera Barat, melanda beberapa kawasan Jumat 5 April 2024. Akibatnya, akses jalan lintas Bukittinggi-Padang mengalami putus total.

Dikutip dari Antara, kerusakan yang disebabkan oleh aliran air hitam pekat dari Gunung Marapi terjadi di daerah Air Angek, Kabupaten Tanah Datar, serta Bukit Batabuah, Canduang, dan Sungai Puar, Kabupaten Agam.

Aliran lahar dingin ini merusak lahan pertanian dan halaman rumah warga serta menyebabkan jalan terputus, dengan beberapa kendaraan terjebak.

Di Bukit Batabuah, personel kepolisian, TNI, BPBD, dan warga bahu-membahu membersihkan sisa-sisa material banjir yang menutupi aliran air di bawah jembatan.

"Ada seorang pengendara sepeda motor yang terseret oleh arus, tetapi berhasil diselamatkan dan dievakuasi. Kami masih terus melakukan evakuasi dan membersihkan," kata Kapolresta Bukittinggi, Kombespol Yessi Kurniati.

Yessi menegaskan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan BPBD dan pihak lainnya untuk segera membuka kembali akses jalan.

"Kami sedang menunggu alat berat dan terus membersihkan karena material banjir menyumbat di jembatan. Kami mengingatkan warga untuk tetap waspada," tambahnya.

Baca Juga: VIDEO Banjir Lahar Dingin Terjang Kawasan Permukiman Warga Bukit Batabuah Agam Pasca Erupsi Marapi di Sumbar

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah