ASN Pemkab Agam Bakal Terima THR Full 100 Persen, THL Masih Proses?

- 25 Maret 2024, 22:55 WIB
ilustrasi ASN di Agam dapat THR 100 persen
ilustrasi ASN di Agam dapat THR 100 persen /

MARAWATALK- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah memutuskan untuk memberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) sebesar 100 persen sebagai tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan setempat.

ASN yang termasuk dalam kategori ini meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Tenaga Honorer Perjanjian Pemerintah (PTT). Meskipun demikian, status Tenaga Harian Lepas (THL) masih sedang dalam tahap kajian untuk mendapatkan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Diakui Atas Jasanya, Bupati Agam Diganjar Penghargaan dari IKAPTK Sumbar

Kepala BKAD Agam, Agusnadi menjelaskan, kebijakan itu berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian THR atau Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. Hal itu menegaskan bahwa ASN dan Honorer PTT di wilayah tersebut akan menerima THR.

Pemerintah daerah telah menganggarkan dana sejumlah Rp36,2 miliar untuk memberikan THR kepada sekitar 6.554 ASN di Kabupaten Agam. Tunjangan akan diberikan secara penuh, yaitu sebesar 100 persen dari jumlah yang telah ditentukan.

Baca Juga: ROTASI Penyegaran di Lingkungan Pemkab Agam, Ratusan Pejabat Administrator dan Pengawas Dilantik

"Besaran THR ini sama dengan THR yang diterima pada tahun sebelumnya, yakni sebanyak gaji yang diterima pada April 2024," sebut Agusnadi, Senin 25 Maret 2024.

THL Masih Proses Kajian

Agusnadi mengatakan, THR yang akan diterima oleh ASN, Honorer PTT telah disertakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Sementara untuk THL, proses pembahasan dan kajian masih berlangsung.

"Pada tahun sebelumnya, THL tidak mendapatkan THR. Namun, pada tahun ini, pihak terkait sedang berusaha untuk menyediakan bentuk tambahan yang berbeda, berupa uang kesejahteraan bukan THR," terangnya.

Baca Juga: SUMBAR HARI INI Dinyatakan Lulus Uji Kompetensi, 6 Pejabat Eselon II di Agam Dilantik

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x