IN FOKUS Ini Fakta Dibalik Prabowo Subianto Diberi Pangkat Kehormatan, Moeldoko: Saya Pikir Sudah Cukup

- 1 Maret 2024, 20:40 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto/Antara
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto/Antara /

 

MARAWATALK-Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko menegaskan bahwa tidak ada motif apapun terkait dengan pemberian gelar kehormatan berupa pangkat jenderal bintang empat kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya pikir sudah cukup tidak perlu lagi dipolemikkan karena pemberian itu tidak punya kepentingan apapun, tidak ada transaksi politik, dan lainnya," ungkap Moeldoko dikutip dari PikiranRakyat, Jumat 1 Maret 2024.

Moeldoko menjelaskan, kenaikan pangkat Prabowo sebagai jenderal bintang empat telah sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Selain itu, KSP menegaskan bahwa Prabowo tidak pernah dipecat dari TNI, melainkan diberhentikan dari jabatannya secara hormat.

"Kemarin sudah saya jelaskan bahwa ada sikap panglima TNI yang sangat clear di situ. Yang pertama, Pak Prabowo itu diberhentikan dengan hormat dan mendapatkan gaji," terangnya.

Mantan Panglima TNI tersebut juga menyoroti bahwa Prabowo sebelumnya telah dianugerahi bintang Yudha Utama, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam hirarki Militer Indonesia.

"Yang kedua, Pak Prabowo telah mendapatkan bintang Yudha Utama. Itu bintang tertinggi di militer, biasanya kepada perwira tinggi yang gagal dalam menjalankan tugas itu dicabut, tapi Pak Prabowo tidak, masih menggunakan bintang hijau," katanya.

Moeldoko menjelaskan, makna dibalik pemberian bintang tersebut merupakan wujud apresiasi negara untuk menghargai prajurit yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dan dedikasi melebihi panggilan tugas mereka.

"Dalam pemberian kemarin, Pak Presiden sangat clear ini adalah bentuk apresiasi dari negara dan peneguhan kepada yang bersangkutan dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, negara. Peneguhan pengabdian," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x