SUMBAR HARI INI Tingkatkan SDM di Bidang Seni dan Budaya, Pemkab Agam dan ISI Padang Panjang Jalin Kerjasama

- 17 Februari 2024, 06:00 WIB
Bupati Agam, Andri Warman dan Rektor ISI Padang Panjang menandatangani nota kesepahaman terkait peningkatan SDM di Daerah Agam/IST
Bupati Agam, Andri Warman dan Rektor ISI Padang Panjang menandatangani nota kesepahaman terkait peningkatan SDM di Daerah Agam/IST /


MARAWATALK-Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang memberikan dukungan penuh terhadap program Pemerintah Kabupaten Agam yang tengah gencar meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerahnya.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahamam atau MoU terkait peningkatan SDM, antara Rektor ISI Padang Panjang, Dr Febri Yulika dengan Bupati Agam Andri Warman, Jumat 16 Februari 2024.

Febri Yulika mengatakan, apabila ada generasi dari Kabupaten Agam yang memiliki minat dalam bidang seni dan budaya, tidak perlu lagi melanjutkan studi ke Jakarta, karena ISI Padang Panjang siap untuk menyambut mereka dan memberikan pendidikan yang berkualitas di lingkungan lokal.

"ISI Padang Panjang salah satu dari tujuh perguruan tinggi seni yang ada di Indonesia, maka kami bertanggungjawab mendidik generasi Sumbar khususnya Agam," kata Febri melalui keterangan tertulis.

Untuk itu, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Agam dapat menyampaikan informasi ini terhadap guru maupun para generasi yang akan menyelesaikan pendidikan menengahnya di Sekolah Menengah Atas (SMA), melanjutkan pendidikan di bidang seni dan budaya di ISI Padang Panjang.

"Selain itu, jika Kabupaten Agam berkeinginan untuk mempromosikan kekayaan seni dan budayanya ke kancah internasional, kami bersedia untuk menjalin kerjasama dalam upaya tersebut," sebutnya.

Nota kesepahaman yang telah ditandatangani tidak hanya merupakan dokumen formal saja, tetapi juga akan diimplementasikan secara konkret oleh ISI Padang Panjang. Bahkan, Kabupaten Agam langsung dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) tahun ini.

Febri Yulika menjelaskan bahwa ISI Padang Panjang memiliki dua fakultas untuk jenjang Sarjana (S1) dan Diploma IV (D4), yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dengan 10 program studi, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan 11 program studi.

"Selain itu, juga untuk jenjang Pascasarjana, institut ini memiliki empat program studi, antara lain Penciptaan dan Pengkajian Seni, Studi Humanitas, Pendidikan Seni, dan Penciptaan Seni," terangnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah