SUMBAR HARI INI Bupati Pasbar Sebut Pembangunan SDM dan Angka Harapan Hidup Meningkat di Tahun 2023

- 8 Januari 2024, 16:35 WIB
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Wakil Bupati Pasaman Risnawanto memakai pakaian adat minangkabau dan jawa dalam rangka Hari Jadi kabupaten Pasaman Barat ke-20
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Wakil Bupati Pasaman Risnawanto memakai pakaian adat minangkabau dan jawa dalam rangka Hari Jadi kabupaten Pasaman Barat ke-20 /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat, Hamsuardi menyebutkan pembangunan sumber daya manusia di daerah itu mengalami peningkatan. Tentu capaian itu sangat menggembirakan dengan ditandai menigkatnya indek pembangunan manusia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hamsuardi pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka memperingati Hari Jadi Pasaman Barat ke-20, Minggu 7 Januari 2023 di Padang Tujuh.

"Pembangunan SDM telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia, dari 69,57 persen pada tahun 2022 menjadi 70,19 persen pada tahun 2023," sebut Bupati Hamsuardi.

Baca Juga: SUMBAR HARI INI Pemprov Sumbar Apresiasi Pemkab Pasbar dan Minta Lebih Kreatif dan Inovatif

Selain itu dia menambahkan pada bidang kesehatan yakni angka harapan hidup meningkat dari tahun 2022 ke tahun 2023, yakni 68,25 menjadi 68,53 persen. Di bidang pendidikan, rata-rata lama sekolah meningkat dari 8,55 menjadi 8,81 pendidikan. Rata-rata harapan lama sekolah meningkat dari 13,69 menjadi 13,70 persen.

Kemudian kata bupati, pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat masih mengalokasikan anggaran untuk pemenuhan SPM bidang pendidikan, antara lain pembangunan ruang kelas baru PAUD, SD di 30 titik dan SMP di 19 titik.

Selanjutnya, pembangunan sarana dan prasarana sekolah, seperti toilet, pagar, dan sebagainya tingkat SD, SMP, dan PAUD. Rehabilitasi ruang kelas dan rehabilitasi, ruang belajar tingkat SD, SMP, dan PAUD. Pembangunan ruang Pustaka, ruang guru, mebel di tingkat SD, SMP, dan PAUD.

"Kita juga menyediakan bantuan perlengkapan belajar bagi siswa SD dan SMP dari keluarga kurang mampu. Untuk Program Unggulan Pasbar Sehat pada tahun ini, masih mengalokasikan anggaran sebesar Rp45 miliar untuk membiayai premi JKN Kelas III bagi masyarakat kurang mampu," kata Bupati Hamsuardi menjelaskan.

Baca Juga: INFO REPTILE Aufa si Gadis Belia Sahabat Reptile, Pecinta Ular Asal Solok Selatan 

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah