SUMBAR HARI INI Progul Tahfidz Al-Qur`an Turut Dilombakan Pada Hari Jadi Pasbar Ke-20

- 5 Januari 2024, 09:10 WIB
Salah satu tim peserta yang mengikuti lomba Sholat Jenazah sedang mempraktekkan cara sholat tersebut secara baik yang terpusat di masjid lingkungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat, pada Kamis 4 Januari 2024
Salah satu tim peserta yang mengikuti lomba Sholat Jenazah sedang mempraktekkan cara sholat tersebut secara baik yang terpusat di masjid lingkungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat, pada Kamis 4 Januari 2024 /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Program unggulan (Progul) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat yakni Tahfidz Al-Qur`an ikut dilombakan dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat yang ke-20 tahun. Lomba itu digelar di Masjid Agung Baitul Ilmi pada Kamis 4 Januari 2024.

Acara itu digagas oleh Dinas Pendidikan Pasaman Barat. Selain lomba Tahfidz Al-Qur`an, juga dilombakan cara yang baik mempraktekkan Sholat Jenazah dan Adzan yang terpusat di masjid lingkungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat. Peserta adalah siswa SD dan SMP se Pasaman Barat.

Sementara itu, adapun materi yang dilombakan adalah Surat Al-Baqarah ayat 1 hingga ayat 70, Juz 30 diantara Surat Ad Dhuha dan Surat An-Nas.

Baca Juga: INFO CUACA SUMBAR Hari Ini, BMKG Peringatkan Hampir Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Badai Petir

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Agusli mengatakan lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat yang jatuh pada 7 Januari mendatang.

"Kita harus mencetak generasi muda yang pintar dari segala sisi, pintar dari pengetahuan umum dan pintar dari ilmu agama," kata Agusli.

Pengetahuan dasar generasi muda

Menurut dia, ibadah dasar harus diberikan pemahaman kepada siswa SD dan SMP. Sehingga generasi muda nantinya bisa menjadi imam Sholat Jenazah, Adzan dan ibadah lainnya.

Lanjut dia, dengan demikian tidak ada lagi nantinya di masjid yang imam khatib nya yang berhalangan hadir tidak ada yang menggantikan.

"Inilah yang coba kita pahami sebagai guru, sesuai dengan harapan dari pemimpin kita. Karena untuk mewujudkan program tersebut tidak hanya segelintir saja atau pimpinan saja. Harus didukung oleh guru dan kita semua," sebut Agusli.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah