Kampung Qur'an Perdana ada di Pasaman, Tak Hanya Anak para Lansia pun Belajar Ngaji

- 9 November 2023, 11:29 WIB
Plt Bupati Pasaman Sabar AS di Kampung Muaro dalam rangka mempermanenkan menjadi Kampung Qur'an, pada Rabu 8 November 2023.
Plt Bupati Pasaman Sabar AS di Kampung Muaro dalam rangka mempermanenkan menjadi Kampung Qur'an, pada Rabu 8 November 2023. /MARAWATALK/ Al Afif/

MARAWATALK - Implementasi program Pasaman Berimtaq, kini sudah menyasar dan menjalar hingga ke pelosok Kabupaten Pasaman. Seperti halnya di Jorong Muaro, Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, yang terletak di pinggang jajaran Bukit Barisan.

Kampung terjauh yang berjarak tempuh empat jam perjalanan dari Ibu Kota Lubuk Sikaping, kini sudah berasimilasi menjadi "Kampung Qur'an". Tidak hanya anak-anak, para lansia di sana yang belum bisa baca alquran, telah mulai belajar tahfidz, di usia mereka yang sudah renta.

Sungguh membuat takjub dan menggugah rasa. Dulu, dikala senja menjelang malam, atau pagi selepas subuh, dari rumah-rumah warga marak terdengar dentuman musik lagu dangdut atau Dj.

Namun sejak dua tahun terakhir, ba'da magrib jelang Isya, atau ba'da Subuh jelang Dhuha, di kampung Muaro yang berada di bantaran Sungai Batang Lolo, hanya lantunan ayat suci Alquran yang terdengar merdu, sahut menyahut dari rumah-rumah warga.

Kini, Kampung Muaro telah Permanen menjadi Kampung Qur'an, pasca di-lounching Plt Bupati Pasaman Sabar AS, Rabu 8 November 2023. Peresmian Kampung Quran Muaro ditandai dengan pemukulan Gong, yang diawali Gema Takbir oleh bupati.

Baca Juga: KPU Kota Solok Pastikan Proses PAW Irwan Sari In Selesai Minggu ini

Program Pasaman berimtaq ini benar-benar sudah berjalan cukup baik. Dimulai gerakan magrib mengaji, program tahfizd, serta bertambahnya jumlah hafiz dan hafizah yang diwisuda, dari 800-an orang tahun 2022, naik dua kali lipat menjadi 1.600-an orang tahun 2023 ini.

"Sudah pas kita sandingkan program Pasaman Berimtaq dengan Program Pasaman Cerdas. Target program untuk 'melahirkan' generasi muda Pasaman yang berinteleqtual dan berakhlakul karimah, insyaalah terwujud," kata Plt Bupati.

"Alangkah indahnya Kabupaten Pasaman kita ini, bila di tiap-tiap rumah ada penghapal Alquran. Selesai Maghrib baca Alquran, selesai Subuh baca Alquran. Usahakan, tiap satu minggu tamat satu juz," lanjut dia saat lounching Kampung Qur'an di Jorong Muaro.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah