Pemilu Serentak 2024, PMI Pasbar Ingatkan Prinsip Kenetralan Relawan

- 14 September 2023, 13:29 WIB
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024 /Istimewa /

 

 

MARAWATALK-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat, mengingatkan para relawan kemanusiaan lembaga tersebut tetap menjunjung tinggi kenetralan pada ajang Pemilu Serentak 2024.

Prinsip tersebut sebagaimana telah ditetapkan dalam tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

"Bentuk kenetralan tersebut berupa sikap tidak memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, ras, agama atau ideologi, " kata Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Rida Warsa STP, Kamis 14 September 2023.

Baca Juga: Samakan Persepsi Tindak Pidana Pemilu di Pasbar, Bawaslu Datangi Kejaksaan Negeri

Menurutnya, prinsip tersebut untuk memastikan setiap insan relawan kemanusiaan dan organisasi PMI memiliki kepercayaan dari semua dan dapat memberikan dukungan kemanusiaan untuk semua.

Sehingga, operasi kemanusiaan yang dijalankan bisa berada di jalur yang sudah ditetapkan sesuai enam prinsip lainnya yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

Ia menegaskan dalam setiap penugasan setiap relawan dituntut untuk menjalankan misinya secara universal, yaitu memiliki tanggungjawab yang sama terhadap nilai dan azas kemanusiaan.

Baca Juga: Polri Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu Serentak 2024

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah