PMI Pasbar Salurkan Air Bersih bagi 200 Orang Warga Terdampak Banjir

- 14 Juli 2023, 18:08 WIB
Giat distribusi air bersih oleh relawan PMI Pasaman Barat bagi warga terdampak bencana banjir yang menimpa daerah itu, Jumat(14/07)
Giat distribusi air bersih oleh relawan PMI Pasaman Barat bagi warga terdampak bencana banjir yang menimpa daerah itu, Jumat(14/07) /Marawatalk/Rully Firmansyah/

MARAWATALK--Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan air bersih bagi sekitar 200 orang warga terdampak bencana banjir di Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (14/07).

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas PMI Pasaman Barat, Riszki Vernanda SE, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu layanan WASH oleh relawan kepalangmerahan dari organisasi kemanusiaan terbesar itu.

"Pada hari ini kami memberikan layanan tersebut dengan mengerahkan satu unit mobil operasional, satu tong air besar dan enam orang anggota dari Forum Relawan (Forel) PMI untuk mendukung pelayanan tersebut," sebut Rizki.

Baca Juga: Viral di Medsos, Banjir Sumbar Hanyutkan Jenazah dari TPU Terdampak

Adapun wilayah sasaran pelayanan, lanjutnya, diarahkan di kawasan Labuah Luruih, Kampuang Pasia dan permukiman sekitar aliran sungai Batang Pasaman yang meluap. Diperkirakan penerima manfaat terdiri dari 120 wanita dan anak-anak dan sisanya laki-laki dewasa.

Ia menambahkan, adapun diterjunkannya layanan ini guna menjawab kebutuhan masyarakat terdampak bencana banjir dimana air sumur yang menjadi andalan kebutuhan air bersih mereka turut terendam banjir.

Ditanyakan tentang situasi terakhir di sejumlah kawasan permukiman warga, Ketua Forel PMI Pasaman Barat, Bramanto Ary Fianto, menjelaskan dari hasil pemantauan pihaknya terlihat debit air sungai masih tinggi dan belum bisa dikatakan normal.

Baca Juga: Banjir di Pasbar, 94 KK Terdampak dan Satu Rumah Rusak Berat

"Melihat potensi cuaca buruk yang diperkirakan masih akan berlangsung, diimbau kepada seluruh masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai Batang Pasaman untuk selalu meningkatkan kewaspadaan banjir susulan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah