Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Warga Sijunjung Sumbar

- 3 Juli 2023, 18:51 WIB
Petugas BKSDA Sunbar saat mengukur bunga bangkai jenis Amorphophallus titanum di Sijunjung
Petugas BKSDA Sunbar saat mengukur bunga bangkai jenis Amorphophallus titanum di Sijunjung /MARAWATALK/ BKDSA Sumbar/

MARAWATALK - Bunga bangkai raksasa dengan jenis Amorphophallus Titanum kembali ditemukan oleh masyarakat tumbuh di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar).

Kali ini, tanaman yang dilindungi undang-undang tersebut tumbuh di luar kawasan hutan yakni di kebun Loly Mista Sebetri, tepatnya di Jorong Jambu, Nagari Koto Tuo, Sijunjung.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ardi Andono mengatakan pihaknya mengetahui adanya tanaman yang dilindungi tumbuh mekar di daerah tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat.

“Kita telah mendatangi dimana bunga bangkai dengan jenis Amorphophallus titanum tumbuh mekar. Tingginya lebih dari dua meter,” kata Ardi Andono melalui keterangan persnya, Senin (3/7/2023) di Padang.

Baca Juga: Waduh..Di Pasbar Baru Enam Bacaleg Memenuhi Syarat Pencalonan

Ia merinci, ukuran bunga bangkai tersebut dengan tinggi 212 centimeter, lingkar bawah 49 centimeter, lingkar tengah 107 centimeter dan lingkar atas 42 centimeter.

“Amorphophallus titanum ini dengan kondisi bunga belum mekar sempurna,” terangnya.

Selain memeriksa kondisi bunga itu, pihaknya juga memberikan pemahaman atau sosialisasi terhadap masyarakat, bahwa Amorphophallus titanum merupakan tanaman yang dilindungi undang-undang.

Baca Juga: Arung Jeram Jembatan Akar, Destinasi Wisata yang Aman Bagi Keluarga

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah