Jelang Wukuf di Arafah, Jemaah Haji Kota Padang Panjang Alami Flu dan Batuk

- 23 Juni 2023, 08:05 WIB
Ilustrasi Jemaah Haji Kota Padang Panjang
Ilustrasi Jemaah Haji Kota Padang Panjang /Pikiran Rakyat/Eva Fahas/

MARAWATALK - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumbar, memastikan seluruh jemaah haji asal daerah itu dalam kondisi aman terkendali meski sebagian besar menderita flu dan batuk. Hal itu berdasarkan pantauan dari petugas kloter dan petugas kesehatan.

Kasubbag Keagamaan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Padang Panjang, Setra Effendi mengatakan jemaah haji asal Kota Padang Panjang sedang mempersiapkan diri secara personal menjelang wukuf di Arafah.

“Dari laporan yang kami dapatkan sebagian besar jemaah kita saat ini menderita flu dan batuk, namun masih aman dan terkendali melalui upaya promitif, preventif dan kuratif,” kata Setra Effendi, Kamis (22/6/2023), dilansir dari laman resmi Humas Pemko Padang Panjang.

Baca Juga: Beredar Info Ada Aksi Unjuk Rasa Terkait Tambang Emas Ilegal di Pasbar, Besok

Ia mengungkapkan hingga saat ini belum ada jemaah haji yang dirujuk maupun dirawat. Pemantauan rutin sebagai upaya pengendalian penyakit terus dilakukan.

Petugas kesehatan sendiri, terus melakukan pemeriksaan kesehatan dalam upaya mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular tersebut.

Sedangkan untuk menjaga kondisi fisik jemaah menjelang Armuzna (kegiatan haji yang menguras fisik dan mental), maka dilakukan kegiatan promkes dan germas.

Baca Juga: BREAKINGNEWS: Terjadi Kasus Pembunuhan di Simpang Ampek Pasbar Malam ini

Seperti, senam setiap pagi, penyuluhan tentang cegah dehidrasi dan gerakan minum bersama, pentingnya penggunaan APD dan lainnya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x