BMKG Peringatkan Seluruh Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat Sebelum Nataru

- 2 Desember 2021, 11:44 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (ist)
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (ist) /

RANAHPADANG.COM - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati  membeberkan potensi cuaca 1 minggu sebelum Natal. 

Menurut Dwikorita, pihaknya memprediksi hampir seluruh provinsi di Indonesia akan dilanda hujan. Namun, potensi terbesar berada di pulau Sumatera. 

"Potensi cuaca 1 minggu sebelum Natal, di sini terlihat potensi cuaca gambar yang menunjukkan awan hitam itu adalah hujan lebat. Tampaknya hampir seluruh provinsi di Sumatera, kecuali Sumatera Selatan," ujar Dwikorita dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Desember 2021.

Sedangkan di Jakarta diprediksi hanya hujan intensitas sedang. Namun untuk keseluruhan pulau Jawa, bakal diguyur hujan lebat. Bahkan sampai ke Madura, Bali dan Nusa Tenggara Timur. 

Selain itu, seluruh provinsi di Kalimantan di prediksi akan mengalami hujan lebat. Berikutnya di Papua dan Papua Barat serta Maluku.

"Maluku Utara di prediksi hujan sedang, di Sulawesi sebagian hujan sedang dan sebagian hujan lebat itu hingga tanggal 24 Desember," terangnya.

Prediksi berikutnya, tanggal 25 Desember hingga 1 Januari hampir seluruh provinsi di Indonesia akan mengalami hujan lebat.

Baik Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Sulawesi. Kecuali di Sulawesi Barat dan Maluku akan mengalami hujan sedang.

"Kemudian, tanggal 2 sampai 8 Januari masih hujan lebat di sebagian besar di Provinsi Indonesia, ada beberapa yang mengalami di prediksi hujan intensitas sedang, tapi mayoritas adalah hujan lebat," tutur Dwikorita.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah