RELOKASI Rumah Korban Bencana Banjir Lahar Dingin, Pemkab Agam Siapkan Lahan 1,4 hektar

- 20 Juni 2024, 18:42 WIB
Pemerintah Kabupaten Agam menyiapkan 1,4 hektar lahan untuk relokasi rumah korban terdampak banjir lahar dingin
Pemerintah Kabupaten Agam menyiapkan 1,4 hektar lahan untuk relokasi rumah korban terdampak banjir lahar dingin /Marawatalk/Ist

MARAWATALK- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyiapkan lahan seluas 1,4 hektar untuk relokasi rumah korban terdampak banjir lahar dingin, beberapa pekan lalu. Luas lahan tersebut dapat menampung 83 unit rumah dengan tipe 36.

"Lahan dijadikan tempat relokasi rumah korban bencana alam ini seluas 1,4 hektar. Area ini merupakan lahan milik pemerintah daerah," sebut Kadis Perkim, Rinaldi disela peninjauan lokasi lahan untuk relokasi rumah korban dampak bencana, Rabu 19 Juni 2024.

Menurut Kadis Perkim, area direncanakan sebagai tempat relokasi rumah korban bencana itu telah sesuai dengan site plan yang disusun dan dapat menampung hingga 83 unit rumah dengan tipe 36.

"Luas lahan yang tersedia cukup memadai untuk menampung lebih dari jumlah korban yang bersedia untuk ikut relokasi kolektif, yaitu sebanyak 80 KK," terang Rinaldi.

Terkait dengan pembangunan perumahan mendatang, Rinaldi menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Agam hanya bertanggung jawab untuk menyiapkan lahan.

"Sedangkan pembangunan sendiri akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR)," terangnya.

Baca Juga: 80 unit Rumah Terdampak Bencana di Agam Bakal Direlokasi, Bupati Sebut Warga Keluhkan Sumber Ekonomi

Area yang akan dijadikan relokasi rumah bagi korban bencana alam tersebut telah ditinjau oleh Balai Perumahan Sumatera Wilayah III Kementerian PUPR, Dinas Perkimtan Provinsi dan Balai BPPW Sumbar.

Korban khawatir terhadap ekonomi dampak relokasi

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Agam telah mengadakan rapat koordinasi mengenai rencana relokasi korban banjir bandang lahar dingin di Istana Gubernuran.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bupati Agam, Andri Warman, menyatakan kesiapan pemerintah daerah untuk melaksanakan relokasi terpadu, yang telah menyiapkan lahan di Lubuk Basung.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah