Pakai Helikopter, Balai KSDA Sumbar Lepasliarkan Seekor Harimau Sumatera Kembali ke Habitatnya

- 29 Juni 2024, 18:26 WIB
Puti Malabin, Spesies Harimau Sumatera yang dilepasliarkan ke habitatnya oleh Balai KSDA Sumbar, Jumat 28 Juni 2024
Puti Malabin, Spesies Harimau Sumatera yang dilepasliarkan ke habitatnya oleh Balai KSDA Sumbar, Jumat 28 Juni 2024 /Marawatalk/Balai KSDA Sumbar/

 

MARAWATALK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Barat bersama Balai Besar KSDA Riau melakukan pelepasliaran seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) berjenis kelamin betina bernama “Puti Malabin” di landscape Rimbang Baling Provinsi Sumatera Barat, pada Jum'at 28 Juni 2024.

Sebagai informasi, nama "Puti Malabin" memiliki arti Harimau betina yang berasal dari nama daerah Malampah, Ladang Panjang, Binjai, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Dikutip dari siaran pers Balai KSDA Sumatera Barat, nomor Nomor: SP. 144/HUMAS/PPIP/HMS.3/6/2024 yang diterima Marawatalk Padang, Sabtu 29 Juni 2024, Harimau Sumatera Puti Malabin yang diperkirakan berumur 3-5 tahun ini, merupakan satwa interaksi negatif di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, yang terjadi pada akhir tahun lalu.

Balai KSDA Sumbar bersama TNI/POLRI, mitra dan masyarakat berhasil mengevakuasi Puti Malabin pada tanggal 4 Februari 2024 dengan menggunakan kandang jebak / boxtrap yang dipasang di Nagari Binjai. Selanjutnya Harimau Sumatera tersebut dievakuasi dan diobservasi ke Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi.

Baca Juga: TAHUKAH ANDA Begini Kemampuan Berburu Harimau Sumatera: Gesit dan Bermodal Naluri Tajam

Balai KSDA: Puti Malabin Dalam Kondisi Sehat dan Terjaga Sifat Liarnya

Salah seorang anak pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, turut mengkampanyekan pelestarian Harimau Sumatera, pada peringatan Hari Harimau Sedunia yang jatuh pada Kamis 29 Juli 2023
Salah seorang anak pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, turut mengkampanyekan pelestarian Harimau Sumatera, pada peringatan Hari Harimau Sedunia yang jatuh pada Kamis 29 Juli 2023 Marawatalk

Baca Juga: Harimau Sumatera Ditakuti tapi Tergusur! Fakta dan Mitos Menarik Sang Raja Rimba yang Terancam Punah

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Lugi Hartanto, saat melepas keberangkatan Puti Malabin ke lokasi pelepasliaran di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, menjelaskan bahwa setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan selama 4.5 bulan, TMSBK menyatakan bahwa Puti Malabin dalam kondisi sehat dengan sifat liar yang masih terjaga sehingga direkomendasikan untuk segera dilakukan pelepasliaran ke habitatnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah