IN FOKUS Sampai Diresmikan Presiden Jokowi, Seperti Apa Modeling Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang?

- 8 Mei 2024, 18:05 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri KKP, Menpan RB dan Menteri Perdagangan melakukan panen ikan nila salin di Kawasan Tambak Budidaya Ikan Salin BLUPPB Karawang
Presiden Joko Widodo bersama Menteri KKP, Menpan RB dan Menteri Perdagangan melakukan panen ikan nila salin di Kawasan Tambak Budidaya Ikan Salin BLUPPB Karawang /Karawangpost/

 

MARAWATALK - Budidaya Ikan Nila Salin (BINS) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendadak menjadi sorotan publik karena peluang usaha tambak ikan yang satu ini mendapat perhatian tokoh nasional sekelas pimpinan negara.

Bayangkan, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono meresmikan modeling kawasan tambak budi daya ikan nila salin (BINS) di Karawang, Jawa Barat, Rabu 8 Mei 2024.

Disebut-sebut, modeling tambak modern itu siap menjadi lokomotif industrialisasi nila salin di Indonesia.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, saya resmikan modeling kawasan tambak budidaya nila salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang," sebut Presiden Jokowi saat peresmian modeling kawasan tambak BINS itu.

Dikatakan Presiden Jokowi, pembangunan modeling sebagai langkah tepat untuk menjawab tingginya permintaan ikan nila di pasar domestik maupun global. Operasional modeling juga menyerap banyak tenaga kerja.

Jika produktivitas BINS berjalan optimal, sambung Presiden Jokowi, pemerintah siap merevitalisasi tambak-tambak udang idle di wilayah Pantura untuk pengembangan budidaya nila salin. Tambak-tambak udang idle menurut data luasnya mencapai 78 ribu hektare.

"Kita lihat ini dulu, kalau sangat visible, kita akan siapkan melalui APBN 2025 atau 2026, dan saya akan sampaikan kepada pemerintah yang baru agar mimpi besar ini bisa direalisasikan," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga: HARI PALANG MERAH SEDUNIA Ini Pencapaian Markas PMI Pasaman Barat selama 2023

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah