GELAR PAHLAWAN Nasional Inyiak Canduang Tengah Diperjuangkan, Pemkab Agam Nyatakan Komitmen

- 28 Maret 2024, 18:14 WIB
Inyiak Canduang
Inyiak Canduang /Info Publik/

MARAWATALK-Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tengah gencar mengusulkan Syekh Sulaiman Arrasuli atau Inyiak Canduang, sebagai Pahlawan Nasional. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan dokumen usulan ke Kementrian Sosial RI, Kamis 28 Maret 2024.

Bupati Agam, Andri Warman, menyatakan bahwa sebagai bentuk nyata dari komitmen memperjuangkan penghargaan gelar Pahlawan Nasional bagi Syekh Sulaiman Arrasuli, pihaknya dengan sengaja mengantarkan dokumen usulan tersebut secara langsung.

Baca Juga: ASN Pemkab Agam Bakal Terima THR Full 100 Persen, THL Masih Proses?

Dikatakan, gelar diusulkan tersebut bertujuan untuk mengakui jejak perjuangan beliau dalam melawan dan menentang penjajahan terhadap tanah air, sebagai bagian dari upaya untuk mencapai kemerdekaan.

"Dengan kekuatan, pikiran, dan keikhlasan hati yang tulus, beliau telah memerangi kehadiran penjajah Belanda yang menindas rakyat Indonesia, terutama di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Agam," ucapnya.

Baca Juga: ROTASI Penyegaran di Lingkungan Pemkab Agam, Ratusan Pejabat Administrator dan Pengawas Dilantik

Dengan demikian, diharapkan pengusulan calon Pahlawan Nasional untuk Syekh Sulaiman Arrasuli dari Kabupaten Agam ini dapat terwujud, sehingga akan memberikan kontribusi berharga terhadap kayaan sejarah bangsa.

"Tidak hanya itu, jika usulan ini dikabulkan, akan menambah jumlah pahlawan nasional dari Sumatera Barat, dengan Kabupaten Agam sebagai tempat kelahiran khususnya," terangnya.

Baca Juga: SAH! DOB Kabupaten Agam Tuo Disepakati, Berikut 10 Kecamatan Cakupannya

Gelar Pahlawan Nasional Tak Kunjung Dianugerahkan

Sementara, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Agam, Zulfi Ernawati mengatakan, pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli telah dimulai sejak tahun 2022, namun belum berhasil karena ada dokumen yang perlu dilengkapi.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x