IN FOKUS Dari Perhelatan Hari Meteorologi Dunia 2024: Semangat Baru Pasaman Menuju Destinasi Wisata Unggulan

- 25 Maret 2024, 11:27 WIB
Perayaan titik kulminasi matahari yang menjadi ikon utama Pasaman Equator Festival, di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Pada tahun ini kegiatan itu juga diselaraskan dengan Peringatan Hari Meteorologi Sedunia ke74, dimana Pasaman dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana oleh BMKG
Perayaan titik kulminasi matahari yang menjadi ikon utama Pasaman Equator Festival, di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Pada tahun ini kegiatan itu juga diselaraskan dengan Peringatan Hari Meteorologi Sedunia ke74, dimana Pasaman dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana oleh BMKG /Marawatalk/Al Afif/

 

MARAWATALK-Perhelatan akbar memperingati Hari Meteorologi Sedunia 2024 untuk Indonesia dipusatkan di Kawasan Taman Equator Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, pada Sabtu 23 Maret 2024, tentu menyisakan kenangan indah serta warisan semangat baru bagi masyarakat daerah itu, khususnya Bonjol yang merupakan ranah kelahiran Pahlawan Nasional, Tuanku Imam Bonjol.

Pada hari itu, pesta rakyat untuk menyambut fenomena alam Titik Kulminasi atau sejajarnya bayangan dengan objek sehingga pada pukul 12.00 WIB bayangan kita seolah menghilang, digelorakan secara spesial dengan mejadikan titik kulminasi matahari yang hanya terjadi di daerah yang dilintasi garis equator atau khatulistiwa.

Tak tanggung-tanggung, kegigihan Bupati Pasaman, Sabar AS, bersama dinas terkait untuk menjadikan Bonjol sebagai kawasan destinasi Geopark Khatulistiwa menjadi destinasi, mendapatkan sambutan dan dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, yang khusus datang menghadiri perhelatan puncak Hari Meteorologi Sedunia 2024.

"Fenomena alam yang kita saksikan hari ini sangat luar biasa," kata Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya pada Pasaman Equator Festival yang berlangsung di Tugu Khatulistiwa Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, Sabtu 23 Maret 2024.

Hari Titik Kulminasi Matahari adalah hari dimana matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit, sehingga menyebabkan bayangan akan berada tegak lurus, seolah-olah tanpa bayangan.

Ada Storynomics Tuanku Imam Bonjol, Sandiaga Uno Yakin Pasaman Equator Festival Perkuat Daya Tarik Wisata

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat menghadiri kegiatan Pasaman Equator Festival 2024, di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Sabtu 23 Maret 2024
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat menghadiri kegiatan Pasaman Equator Festival 2024, di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Sabtu 23 Maret 2024

Baca Juga: Perkuat Nilai Taman Equator Pasaman, Sabar AS Kunjungi Imah Noong di Kampung Eduwisata Areng Lembang Bandung

Menparekraf Sandiaga meyakini kehadiran Pasaman Equator Festival yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh BMKG dan Pemerintah Daerah setempat akan memperkuat daya tarik wisata di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang dikenal sebagai Land of Equator.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x