SUMBAR HARI INI Pemkab Pesisir Selatan Sebut Berita Miring Seputaran Sentra IKM Gambir Tidak Benar

- 28 Februari 2024, 11:48 WIB
Sentra IKM Pengolahan Gambir di Pesisir Selatan / marawatalk / istimewa
Sentra IKM Pengolahan Gambir di Pesisir Selatan / marawatalk / istimewa /


MARAWATALK - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul menyebut, bahwa, berita miring seputaran pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Gambir di Nagari Koto Taratak, Kecamatan Sutera adalah tidak benar.

"Di berita yang santer beredar disebutkan bahwa ada dugaan markup anggaran pada pengadaan alat produksi yang nilainya kurang lebih Rp13 miliar, itu tidak benar dan sangat mengada-ngada," kata Mimi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi setempat, Rabu, 28 Februari 2024.

Ia menjelaskan, total anggaran pengadaan mesin dan peralatan di sentra IKM Pengolahan Gambir hanya Rp 4,9 miliar.

"Kan jadi aneh jika diberitakan adanya dugaan markup pengadaan alat produksi pengolahan Gambir senilai Rp13 miliar," sebutnya.

Mimi memastikan sebelum proyek di PHO semua tahapan telah dituntaskan, termasuk uji produksi, dan lainnya.

Secara umum dirinya menjelaskan bahwa keberadaan sentra IKM Pengolahan Gambir didorong untuk meningkatkan nilai produk tanaman Gambir milik petani setempat.

Apalagi jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya di Sumatera Barat, Pesisir Selatan menempati posisi kedua memiliki kebun Gambir terluas setelah Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Insya Allah kedepan di sisi penjualan petani Gambir di Pesisir Selatan tidak akan bergantung lagi kepada pedagang besar di Kota Padang, karena dengan adanya IKM ini, petani bisa membuat produk turunan serta menentukan pangsa pasar dan bekerjasama dengan pengusaha baik di dalam maupun di luar negeri," ungkapnya.

Baca Juga: SUMBAR HARI INI Bupati Pesisir Selatan Kunjungi Korban Kebakaran dan Berikan Bantuan

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah