SUMBAR HARI INI Optimalkan Layanan Kesehatan Warga Terdampak Marapi, Puskesmas dan Pustu di Agam Dibuka 24 Jam

- 20 Februari 2024, 17:39 WIB
Pemukiman warga di sekitar kawasan Gunung Marapi/Kementrian ESDM
Pemukiman warga di sekitar kawasan Gunung Marapi/Kementrian ESDM /

MARAWATALK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Marapi.

Hal tersebut dilakukan dengan membuka 24 jam layanan kesehatan Puskesmas maupun Pustu di sekitar kawasan gunung tersebut.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Agam Muhammad Iswon mengatakan, pelayanan kesehatan disediakan bagi masyarakat terdampak erupsi meliputi beragam jenis, termasuk pemeriksaan fisik yang bersifat menyeluruh.

"Sejumlah upaya telah dilakukan dengan memberi pelayanan kesehatan hingga membagi masker kepada masyarakat. Untuk warga yang berada di dekat gunung, telah disediakan pelayan selama 24 jam," kata Iswon, Selasa 20 Februari 2024 di Lubuk Basung.

Baca Juga: KIOS PUPUK Dibobol Maling di Pasar Muara Labuh Solok Selatan!Kaca 3 Kotak Amal Dipecah Pelaku

Selain itu, Dinkes Kabupaten Agam juga menyelenggarakan kegiatan edukasi dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat melalui program mobil Puskesmas Keliling.

"Kita edukasi ke sekolah serta pelayanan kesehatan ke rumah-rumah masyarakat didampingi Babinkamtibmas dan Babinsa. Kita juga melakukan pendataan masyarakat berisiko tinggi yang berada pada jarak 3,5-8 km dari Gunung Marapi," jelas Iswon.

Pihaknya juga menekankan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan mengutamakan penggunaan masker ketika beraktifitas di luar rumah sebagai langkah pencegahan yang penting.

Baca Juga: PEMILU 2024 Hasil Real Count KPU Sementara Suara Tertinggi Caleg DPRD Pasaman Barat

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah