INFRASTUKTUR Pelabuhan Teluk Tapang Sumbar Kini Hampir Rampung, Pembangunan Sisi Darat Dikelola Kemenhub

- 19 Desember 2023, 21:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Pemerinta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Dedy Diantolani di acara Sosialisasi Percepatan Pembangunan dan Pemanfaatan Sisi Darat Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa 19 Desember 2023 di aula kantor Bupati Pasaman Barat
Kepala Dinas Perhubungan Pemerinta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Dedy Diantolani di acara Sosialisasi Percepatan Pembangunan dan Pemanfaatan Sisi Darat Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa 19 Desember 2023 di aula kantor Bupati Pasaman Barat /MARAWATALK/ Irfan/

MARAWATALK - Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Dedy Diantolani mengatakan Teluk Tapang yang berada di Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat adalah kebanggaan Sumatera Barat.

Hal itu disampaikannya dalam acara Sosialisasi Percepatan Pembangunan dan Pemanfaatan Sisi Darat Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa 19 Desember 2023 di aula kantor bupati setempat.

"Pembangunan ini sudah dimulai sangat lama dan luar biasa pembangunannya. Studi kelayakan pembangunan sudah dimulai dari tahun 2006 dan telah menelan anggaran pekerjaan fisik yang cukup besar," kata Dedi.

Baca Juga: INFO SAWIT Indonesia Harus Bersinergi dengan Malaysia untuk jadi Barometer Harga Minyak Sawit Global

Adapun nominal anggaran fisik itu dikucurkan dalam enam tahap yakni tahap satu pada sisi perairan hampir menelan Rp13 miliar, tahap dua senilai Rp14 miliar dan sampai di tahap enam yang total hampir Rp300 miliar.

"Sekarang, tinggal sisi darat sesuai dokumen awal seluas 12,5 hektare yang akan dikelola oleh Kemenhub sesuai usulan. Jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten dan Provinsi saja, sampai beberapa tahun ke depan pembangunan Teluk Tapang ini tidak akan selesai," ungkap Dedi.

Baca Juga: INFO SAWIT Polisi Turun Tangan Atasi Polemik Sawit Masyarakat Terbengkalai dan Membusuk di Solok Selatan 

Pemkab Pasbar Akui Tak Sanggup Bangun Sisi Darat Teluk Tapang

Sementara itu Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyebutkan Teluk Tapang merupakan pembangunan primadona di daerah yang dia pimpin itu. Namun, karena selama bertahun-tahun pembangunan tersebut belum dapat diselesaikan maka sisi darat Teluk Tapang akan diserahkan pada pusat.

"Sisi darat ini, kita ingin, kita yang bangun, sehingga menghasilkan PAD untuk kita. Bertahun-tahun, berganti pimpinan dan sebagainya pembangunan ini belum dapat diselesaikan," sebut bupati.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah