GAZA HARI INI Amerika Serikat Umumkan Koalisi Multinasional Amankan Laut Merah, Perang Gaza Meluas?

- 19 Desember 2023, 17:31 WIB
Kapal Kargo milik Israel yang ditahan militer Yaman saat melintasi Laut Merah sebagai dukungan negara itu terhadap Rakyat Gaza Palestina
Kapal Kargo milik Israel yang ditahan militer Yaman saat melintasi Laut Merah sebagai dukungan negara itu terhadap Rakyat Gaza Palestina /Hamdani/

MARAWATALK-Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, telah mengumumkan koalisi multinasional untuk mengamankan Laut Merah atas ancaman serangan terhadap kapal-kapal milik AS dan sekutu penjajah Israel lainnya oleh Turki dan Yaman.

Dikutip dari sumber The Cradle, tindakan tersebut sebagai jawaban aksi negara-negara Pro Palestina seperti Turki dan Yaman yang mengultimatum seluruh kapal milik negara pro Israel untuk tidak memasuki wilayah laut merah yang menjadi salah satu jalur perdagangan penting dunia itu.

Baca Juga: GAZA HARI INI Andalkan Peluru Yassin 105, Al Qassam Mengamuk Serang Penjajah Israel Layaknya Singa Gurun

Yang terbaru, mengutip pernyataan Angkatan Bersenjata Yaman mengklaim telah melancarkan operasi militer terhadap 2 kapal yang diduga terkait entitas penjajah Israel. Penargetan kedua kapal tersebut terjadi setelah awak kapal menolak menanggapi panggilan dari angkatan laut Yaman.

"Dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, angkatan laut Angkatan Bersenjata Yaman melaksanakan operasi militer yang efektif terhadap dua kapal yang terkait dengan entitas Zionis. Yang pertama adalah kapal “Swan Atlantic” yang memuat minyak, dan yang lainnya adalah kapal “MSC Clara” yang membawa kontainer. Mereka menjadi sasaran dua drone," ungkap juru bicara militer Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree.

Yahya Saree menegaskan, ancaman tersebut baru akan dihentikan pihaknya jika penjajah Israel menghentikan agresi militer sebagai lanjutan aksi keji melakukan genosida di Gaza.

Baca Juga: GAZA HARI INI Sikap Paranoid Penjajah Israel Berlanjut, Tangkap Tim Medis hingga Digempur Brigade Al Quds

Berikut 9 Negara Anggota Koalisi Multinasional Pengamanan Laut Merah:

  1. Britania Raya
  2. Bahrain
  3. Kanada
  4. Perancis
  5. Italia
  6. Belanda,
  7. Norway
  8. Seychelles
  9. Spanyol

2 Perusahaan Pelayaran Terbesar di Dunia Tangguhkan Perjalanan Melintasi Laut Merah

Juru Bicara Militer Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree
Juru Bicara Militer Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree

Baca Juga: GAZA HARI INI 3 Sandera Warga Israel Tewas Ditembak Tentaranya Sendiri, Sempat Kibarkan Bendera Putih

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah