Mubazirnya Taman Hutan Kota di Lubuksikaping Pasaman, Tak Terawat Fasilitas Rusak dan dipenuhi Semak Belukar

- 23 Oktober 2023, 16:27 WIB
Kondisi Taman Hutan Kota di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat
Kondisi Taman Hutan Kota di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat /Marawatalk/Refdinal

MARAWATALK-Taman Hutan Kota yang berlokasi di Jorong Batung Baririk Nagari Tanjung Beringin Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, kini kondisinya tampak tak terurus hingga terkesan mubazir karena sudah dibangun dengan dana cukup besar.

Pantauan Marawatalk (PRMN group), areal seluas lebih dari satu hektare itu berbagai fasilitasnya seperti kolam renang, rumah jaga, Musholla hingga WC umum tampak rusak dan kotor. Tidak hanya sampai disitu, bunga-bunga penuh warna yang menghiasi taman tersebut terlihat telah diselimuti berbagai jenis semak belukar.

Baca Juga: Perkuat Nilai Taman Equator Pasaman, Sabar AS Kunjungi Imah Noong di Kampung Eduwisata Areng Lembang Bandung

Kondisi Kolam Berlumut dan Jadi Sarang Nyamuk

Salah satu sudut kolam Taman Hutan Kota yang berlumut dan hanya jadi sarang nyamuk
Salah satu sudut kolam Taman Hutan Kota yang berlumut dan hanya jadi sarang nyamuk Refdinal

Baca Juga: Wabup Sabar AS Datangi Pusat Geologi Bandung Usulkan Keberadaan Taman Geopark Nasional di Pasaman

Salah seorang warga setempat yang ditemui awak media membenarkan kemirisan keadaan taman hutan kota yang sidah amburadul dan tidak terurus. Dia mengatakan, keadaan kolam renang yang dulu dibangun dengan uang negara yang besar, kini oleh pihak dinas terkait seakan diabaikan begitu saja dan ada kesan sengaja tidak berbuat apa-apa untuk melakukan pemeliharaan.

Lebih lanjut warga tersebut menjelaskan, dulu selalu ada petugas taman yang bekerja disini untuk merawat dan menjaga taman hutan kota ini. "Namun sudah lama saya tidak lagi melihat nya. Lihat saja kondisi bangunan dan terutama kolam renangnya, warna airnya saja sudah hijau dan berlumut dan kini sudah menjadi wadah berkembangnya nyamuk dan berbagai serangga lainnya," sebut warga setempat yang minta namanya tidak disebutkan.

Menanggapi temuan dan informasi dari masyarakat perihal keadaan taman hutan kota tersebut, awak media pada Senin 23 Oktober 2023, berupaya mempertanyakan perihal kondisi taman kepada Yusrizal, salah seorang pejabat pada dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Perhubungan dan lingkungan hidup (DPRKP PLH) Kabupaten Pasaman.

Dia mengatakan, jika pekerja yang biasanya ditugaskan untuk memotong rumput ditaman tersebut sedang sakit, sementara itu mengenai keadaan dinding pagar taman yang ambruk, Yusrizal menjelaskan anggarannya sedang diajukan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah