Program Smart Fisheries Village Kementerian KKP Diminati Warga Sikabau Pasbar

- 11 Oktober 2023, 21:48 WIB
Program Smart Fisheries Village (SFV) atau program Desa Perikanan Pintar yang digagas oleh Badan Riset dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminati oleh masyarakat kampung nelayan di Jorong Sikabau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.
Program Smart Fisheries Village (SFV) atau program Desa Perikanan Pintar yang digagas oleh Badan Riset dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminati oleh masyarakat kampung nelayan di Jorong Sikabau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. /Marawatalk/Ade Media Saputra

 

MARAWATALK-Program Smart Fisheries Village (SFV) atau program Desa Perikanan Pintar yang digagas oleh Badan Riset dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminati oleh masyarakat kampung nelayan di Jorong Sikabau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Hal itu terlihat dengan sangat antusiasnya masyarakat mengikuti pelatihan pengolahan produk berbasis ikan dan pemasaran dalam rangkaian kegiatan Smart Fisheries Village (SFV).

Kepala Pusat Riset Kelautan Hendra Yusran Siry melalui koordinasi acara Penny Dyah Kusumaningrum, pada Rabu 11 Oktober 2023, menyampaikan Program Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) di Jorong Sikabau merupakan salah satu konsep SFV dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang memfokuskan pada kegiatan wisata bahari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian desa perikanan dan wisata bahari sebagai wujud akselerasi program prioritas ekonomi berbasis kearifan lokal, dan ini program pertama kita di Pasaman Barat, tentu tak lepas dari dukungan pemerintah daerah, warga diarahkan agar bisa mandiri dengan memanfaatkan potensi alam ,” ulasnya.

Dijelaskannya, program ini memperkuat kemandirian desa perikanan melalui aktivitas masyarakat dibidang wisata perikanan dan pengelolaan sumber daya laut dan pesisir yang diterapkan dalam 4 kegiatan utama yaitu kesepakanan bersama pelatihan dan sosialisasi, kelembagaan dan kemitraan strategisdan penataan kawasan terpadu.

Selain manfaat kegiatan pelatihan, Penny Dyah juga menyampaikan kelompok ini juga mendapatkan sejumlah peralatan pendukung produksi, seperti Kompor, mixer, cooper dan sejumlah peralatan lainnya serta bimbingan berkelanjutan atau monitoring

“Dalam dua hari ini, peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkai kegiatan, mulai memahami pentingnya peizinan, kemasan dan strategi pemasaran produk, pengenalan produk perikanan dan pelatihan pengolahan sejumlah produk berbahan ikan,” terangnya.

Smart Fisheries Village (SFV)- Jorong Sikabau difokuskan pada tiga klaster program pengembangan yaitu:

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah