Kabut Asap di Solok Selatan Berkurang Setelah Diguyur Hujan

- 6 September 2023, 20:52 WIB
Kabut asap terlihat berkurang setelah kawasan Solok Selatan diguyur hujan, Rabu 06 September 2023
Kabut asap terlihat berkurang setelah kawasan Solok Selatan diguyur hujan, Rabu 06 September 2023 /Marawatalk/Jefli Bridge/

 

MARAWATALK-Sebagian wilayah di Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, diguyur hujan usai kabut asap menyelimuti daerah itu sejak beberapa hari terakhir.

Pada Rabu 06 September 2023, hujan turun terpantau di Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu dan Pekan Selasa Kecamatan Pauh Duo pada sore sekitar pukul 17.30 WIB.

Meskipun demikian, pihak Dinas Perumahan, Pemukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan (Perkim LH dan Perhubungan) Solsel masih mengimbau penggunaan masker untuk masyarakat, terutama yang sensitif terhadap polusi udara.

Selain itu, Kepala Dinas Perkim LH dan Perhubungan Solsel, Wirnoveri mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas diluar ruangan.

Pasalnya, kualitas udara di Solsel tergolong tidak sehat dari hasil pemantauan Indeks Kualitas Udara (AQI) menggunakan aplikasi IQAir telah mencapai angka 164 dan PM2.5 menunjukkan level 80,2 μm/meter kubik, pada Selasa pagi kemarin.

Legislator Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker

Wakil Ketua DPRD Solsel, Armen Syahjohan menyatakan apabila kualitas udara sudah diluar ambang batas, perlu penanganan dengan menggunakan masker untuk masyarakat terutama yang rawan ISPA.

"Serta perlu mengurangi aktivitas diluar ruangan. Apabila memang sudah diluar ambang batas aman kualitas udara," sebut dia.

Diinfromasikan, kondisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi diperkirakan ratusan hektare. Karhutla menyebar di beberapa daerah di Jambi seperti di Sarolangun, Muaro Jambi, Tanjung Jabung dan Batanghari.***

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah