Destinasi Wisata 1.000 Rumah Gadang di Solok Selatan

- 2 September 2023, 11:06 WIB
Destinasi Wisata 1.000 Rumah Gadang di Solok Selatan, Sumbar
Destinasi Wisata 1.000 Rumah Gadang di Solok Selatan, Sumbar /MARAWATALK/ Fernando Yudistira /

MARAWATALK - Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar), ternyata memiliki destinasi wisata budaya yang sangat unik, yaitu Kawasan Seribu Rumah Gadang yang berada di Jorong Koto Baru, Kenagarian Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu. Lokasi ini berjarak sekitar empat jam melalui jalur darat dari Kota Padang, Sumbar.

Nama “Nagari Seribu Rumah Gadang” sendiri disematkan oleh putri seorang Proklamator Indonesia asal Sumbar Bung Hatta, bernama Meutia Farida Hatta Swasono pada tahun 2008. Pada saat itu Meutia menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dilansir laman Kemenparekraf Di kawasan wisata Seribu Rumah Gadang ini, pengunjung dapat melihat dan menikmati secara langsung keindahan artistik dari Rumah Gadang, sebagai rumah adat Masyarakat Minangkabau. Terdapat empat hingga enam buah gonjong (bentuk runcing menyerupai tanduk kerbau) yang menghiasi atap Rumah Gadang.

Baca Juga: Lirik dan Arti Lagu Dakwah Sluku Sluku Bathok Ciptaan Sunan Kalijaga

Selama dalam perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat indah seperti perbukitan, kebun teh, danau atas, danau bawah, perkebunan warga serta cuaca sejuk yang sangat mendukung untuk menikmati pemandangannya.

Tidak heran lagi mengapa kawasan ini menjadi viral karena keunikan dan kekhasan rumah gadang Minangkabau tersebut. kawasan wisata ini dikunjungi ribuan wisatawan tiap tahunnya.

Selain menjadi kawasan yang sering dijadikan lokasi syuting, Seribu Rumah Gadang pun juga sangat cocok dijadikan tempat wisata bagi segala usia guna menambah ilmu pengetahuan mengenai budaya masyarakat Minangkabau.

Baca Juga: LPG 3 Kg Tembus di Harga Rp28 Ribu di Pasaman Barat

Lokasi ini tidak hanya menyuguhkan rumah gadang saja, tetapi juga menyediakan baju adat untuk disewa kepada para wisatawannya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x