Antisipasi Bencana Banjir, Kapolres Pasbar Tinjau Debit Air Sungai Batang Saman

- 15 Agustus 2023, 08:10 WIB
Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki bersama rombongan memonitoring ketinggian debit air di aliran Sungai Batang Saman, di Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang Barat, Kecamatan Pasaman, Senin, 14 Agustus 2023 (gambar Humas Polda Sumbar)
Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki bersama rombongan memonitoring ketinggian debit air di aliran Sungai Batang Saman, di Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang Barat, Kecamatan Pasaman, Senin, 14 Agustus 2023 (gambar Humas Polda Sumbar) /MARAWATALK/ istimewa /

MARAWATALK - Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari ini, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melakukan pemantauan debit air di aliran Sungai Batang Saman di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar, pada Senin, 14 Agustus 2023.

Monitoring tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir akibat meluapnya air sungai saat musim hujan yang bisa terjadi kapan saja.

“Bencana alam berupa banjir bisa terjadi kapan saja, tapi dengan diantisipasi tentunya dapat diminimalisir baik korban jiwa maupun korban materil,” kata AKBP Agung Basuki di Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang Barat.

Baca Juga: Bawaslu Pasbar Umumkan Hasil Pengawasan Pencermatan DPT Pemilu Serentak 2024, Ini Catatannya!

Menurut dia, debit air di aliran Sungai Batang Saman masih normal artinya dalam batas aman. Namun dia meminta warga harus tetap siaga dalam antisipasi hujan deras yang bisa saja berlangsung lama nantinya.

“Kita harus siap siaga, sehubungan sudah masuk musim penghujan dan semoga tahun ini tidak ada korban baik jiwa maupun materil dari bencana banjir yang melanda wilayah kita,” sebut AKBP Agung Basuki.

Masyarakat Diminta Selalu Waspada dari Bencana Banjir

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat yang bermukim disekitar bantaran sungai, agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan aliran sungai.

“Kami minta masyarakat tetap waspada, karena menyikapi cuaca yang berubah-ubah saat ini. Jika di hulu sungai terus menerus di guyur hujan, tentu debit air sungai akan meningkat,” himbau Kapolres.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di sekitar aliran Batang Saman ini untuk benar-benar memperhatikan kondisi air sungai.

Halaman:

Editor: Al Afif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah