Bupati Tanah Datar Ajak Generasi Muda Perantauan Perdalam Ilmu Agama dan Adat

- 9 Juli 2023, 23:45 WIB
Foto bersama Silaturrahmi Akbar Perkumpulan Keluarga Luhak Tanahdatar (PKLTD) Rantau Sumatera Utara di Rumah Gadang BM3 Sumatera Utara, baru-baru ini.
Foto bersama Silaturrahmi Akbar Perkumpulan Keluarga Luhak Tanahdatar (PKLTD) Rantau Sumatera Utara di Rumah Gadang BM3 Sumatera Utara, baru-baru ini. /

MARAWATALK--Bupati Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, Eka Putra, mengajak para orang tua agar terus meningkatkan pemahaman terhadap Agama Islam dan Adat Minangkabau yang selaras dengan filosofi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Mari kita didik anak-anak dengan terus memperdalam ilmu agama, mencintai Alquran dengan membacanya hingga hafal dan juga ilmu adat atau pengetahuan tentang adat Minangkabau sebagai jati diri kita orang Minang,” sebutnya ketika menghadiri Silaturrahi Akbar Perkumpulan Keluarga Luhak Tanahdatar (PKLTD) Rantau Sumatera Utara di Rumah Gadang BM3 Sumatera Utara, baru-baru ini.

Baca Juga: Hujan Masih Mengguyur Sumbar, BMKG: Pasaman Barat Waspada Angin Kencang

Pada kesempatan itu, Eka Putra menegaskan jika perlu di perantauan diadakan seminar adat bagi anak kemenakan dan generasi muda Tanahdatar seperti Sumbang Duo Baleh dengan mendatangkan narasumber dari ranah minang.

Terkait pembangunan di daerah, disampaikan Eka Putra banyak program pembangunan yang dilakukan dan juga perbaikan ekonomi masyarakat dengan melahirkan berbagai Program Unggulan.

Program tersebut antara lain satu nagari satu event, bajak sawah gratis, kuota pupuk bersubsidi, perbaikan jaringan irigasi, ansuransi tani dan ternak, makan rendang guna membasmi rentenir dan progul dibidang pelayanan publik serta progul keagamaan satu rumah satu hafizh/hafizah serta inovasi lainnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Silat Buayo Lalok Pessel, Tradisi Minangkabau Disegani Nyaris Ditelan Bumi

“Dari berbagai upaya dan usaha yang dilakukan, Kabupaten Tanahdatar banyak mendapatkan prestasi dari Pemerintah Pusat seperti baru baru ini Terbaik Pertama di wilayah Sumatera dibidang pengendalian inflasi daerah, Penghargaan dari Kementerian Pertanian atas Kepedulian Pemerintah Daerah pada sektor pertanian, penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) kategori Gubernur/Bupati/Walikota yang peduli terhadap pengendalian penduduk dan penurunan angka stunting, dan banyak lagi prestasi yang diraih,” ungkapnya.

Ketua Umum PKLTD Sumut Mark Yunan Sirhan menyampaikan rasa syukur dan ucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati, Ketua DPRD dan rombongan pada acara silaturrahmi akbar dengan tema, “Dengan silaturrahmi akbar kita jadikan PKLTD Rantau Sumatera Utara sebagai Kekuatan Agama & Budaya Minang di Sumatera Utara,” tersebut.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x