Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Rao Selatan Terendam Banjir

- 9 Juni 2023, 20:33 WIB
Luapan Sungai Batang Beringin yang terpantau Jum'at (09/06) sore, mengakibatkan puluhan rumah warga terendam hingga selutut orang dewasa
Luapan Sungai Batang Beringin yang terpantau Jum'at (09/06) sore, mengakibatkan puluhan rumah warga terendam hingga selutut orang dewasa /Marawatalk/Rahmat Wahyudi/

MARAWATALK--Bencana Banjir dikabarkan melanda permukiman warga di Jorong 4 Beringin, Nagari Lansekkadok Barat, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Jumat (09/06) sore hingga malam.

Pantauan wartawan, hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan aliran sungai Batang Beringin meluap dan menyebabkan puluhan rumah warga disepanjang bantaran sungai yang bermuara di Batang Sumpur ini terendam banjir hingga selutut orang dewasa.

"Ini adalah aliran sungai Batang Beringin. Sungai ini menelusuri Kubu Rogeh, Kubu Sungkai hingga Lansekkadok sampai ke Batang Asik, lalu bermuara ke Batang Sumpur," ujar salah seorang warga Beringin, Mulyadi.

Disampaikan, bahwa kondisi banjir di lokasi kejadian, sudah mulai surut. Beberapa warga yang sempat mengungsi menyelematkan diri saat kejadian sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

"Malam ini, air sudah mulai surut. Memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tapi, yang parah itu di kampung Kubu Sungkai sama Kubu Rogeh. Banjir, masih belum surut," katanya.

Terpisah, Bupati Pasaman Benny Utama, meminta warganya untuk meningkatkan kewaspadaan ditengah cuaca ekstrim yang melanda Indonesia, akhir-akhir ini. Tidak terkecuali Kabupaten Pasaman.

Ia pun mengingatkan, bahwa wilayah tersebut merupakan daerah rawan bencana alam, terutama banjir, tanah longsor juga angin puting beliung.

“Tapi masyarakat tidak perlu takut, yang perlu diperhatikan adalah jangan bermukim di daerah aliran sungai atau di sepanjang bantaran sungai serta di daerah-daerah pinggir tebing. Tepat waspada,” pintanya.(***)

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x